unescoworldheritagesites.com

Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan Laboan Bajo di SME’s HUB KTT ASEAN - News

Bertepatan dengan momentum KTT ASEAN 2023, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan melalui agenda Rumah BUMN SME’s HUB.


:
Bertepatan dengan momentum KTT ASEAN 2023, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan melalui agenda Rumah BUMN SME’s HUB. Kegiatan ini merupakan salah satu Rangkaian Side Event KTT Asean 2023 yang diadakan pada 09-13 Mei 2023 di Marina Waterfront Labuan Bajo dengan menargetkan kehadiran para tamu undangan dan delegasi dari berbagai negara ASEAN juga masyarakat umum. 

SME’s HUB yang berlangsung selama 5 (lima) hari ini mendapat atensi dan kunjungan khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir. Pada kesempatan itu, Erick Thohir langsung mengunjungi tenan UMKM Binaan milik Hutama Karya dan berbincang mengenai produk lokal etnik Indonesia, yaitu Kain Sasirangan dan Kopi Gambung.

Pada kunjungannya tersebut, Erick menyampaikan apresiasi atas komitmen perusahaan dalam melestarikan warisan nusantara. “UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian BUMN dan kementerian juga lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar (target market), dan pembiayaan. BUMN dengan bank himbara (Himpunan Bank Milik Negara) fokus pada pembiayaan. Ditambah lagi PNM Mekaar dengan 149.000 nasabah yang dibina di Flores juga terlibat,” ujar Erick Tohir
Baca Juga: Bulutangkis SEA Games: Rehan/Lisa Maju ke Semifinal

Erick mengatakan bahwa SME’s HUB ini merupakan salah satu bukti dukungan BUMN untuk mendorong UMKM Go Global melalui pendampingan, pembiayaan serta pembinaan langsung dari Rumah BUMN. UMKM yang terlibat di SME's HUB saat ini juga tidak kalah saing dari produk komersial lainnya. “Bahkan ada UMKM kita yang sudah menembus pasar Eropa dan dipasarkan di Itali,"jelasnya. 

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan bahwa dalam momentum Side Event KTT ASEAN 2023 yaitu SME’s HUB merupakan salah satu agenda penting dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan milik Hutama Karya. “Dalam side event ini, Hutama Karya mengirimkan dua mitra binaan unggulan, yaitu KINNI Store dan Maradeca Coffee. KINNI Store telah menjadi Mitra Binaan Hutama Karya sejak
2020. Hingga saat ini produk utama yang ditawarkan adalah Kain Sasirangan dan souvenir Sasirangan dengan bahan yang halus, nyaman serta model yang kekinian. Produk KINNI Store sendiri sudah banyak dipesan dan digunakan oleh beberapa instansi Pemerintah Daerah sekitar,” ujar Tjahjo. 

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan sedangkan untuk Kopi Maradeca merupakan salah satu penghasil produk biji kopi berkualitas yang berasal dari hasil penanaman dan perawatan secara home industry. Hingga saat ini produk Kopi Maradeca telah dipasarkan melalui beberapa café kopi yang berada di sekitar Bandung, Jakarta hingga Lampung. “Melalui KTT ASEAN Summit 2023, Hutama Karya berharap berbagai produk unggulan mitra binaan perusahaan tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga kedepannya produk yang kami bina dan dampingi saat ini dapat dikenal dan dipasarkan hingga sampai ke mancanegara,” tutup Tjahjo Purnomo EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya. 

Baca Juga: Amankan Jakarta, Polda Metro Jaya Gelar Patroli Skala Besar Gabungan

Sebagai catatan SME’s HUB merupakan salah satu upaya Kementerian BUMN dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Indonesia ke kancah dunia internasional. Kegiatan ini merupakan salah satu Side Event KTT ASEAN 2023 dengan tema “Asean Matrers: Epicentrum of Growth”.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat