unescoworldheritagesites.com

Jumlah Turis Turun 90 Persen selama Pandemi, Jokowi Luncurkan Tahun Kunjungan Wisata IMT 2023-2025 - News

Jumlah Turis Turun 90 Persen selama Pandemi, Jokowi Luncurkan Tahun Kunjungan Wisata IMT 2023-2025. (Tangkapan layar Reels Instagram @jokowi)

 

: Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Tahun Kunjungan Wisata Indonesia-Malaysia-Thailand 2023-2025.

Hal ini dilakukan saat membuka KTT ke-15 Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand atau Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle ,(IMT-GT) di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/5/2023).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan sektor pariwisata dunia. Di kawasan subregional IMT, sektor pariwisata bahkan sempat turun di atas 90 persen.

Baca Juga: Pidato Lengkap Jokowi di Acara Musra: Soal Capres, Jangan Grusa-Grusu, Belanda masih Jauh!

“Alhamdulillah, sejak tahun lalu, sektor pariwisata mulai bangkit kembali. Pergerakan wisatawan internasional mencapai lebih dari 900 juta dan dipastikan akan terus tumbuh,” ungkapnya dalam tayangan video di Youtube Setpres.

Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong agar ketiga negara bergerak cepat memanfaatkan peluang tersebut.

Setidaknya ada tiga hal yang menurut Presiden Jokowi harus menjadi fokus, yakni peningkatan infrastruktur khususnya konektivitas, penguatan penjenamaan yang inovatif, dan pengembangan turisme digital untuk meningkatkan pelayanan.

Baca Juga: Menhan Prabowo Kunjungi Para Purnawirawan Polri, Beri Pesan Jaga Kerukunan dan Ketenangan Bangsa

“Ini semua untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan sustainable,” ujar Presiden didampingi Menteri luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dalam pertemuan subregional tersebut, Presiden Jokowi mengajak semua pihak yang terlibat untuk mengobarkan semangat kolaborasi.

“Mari kobarkan semangat kolaborasi, khususnya dengan peningkatan daya saing konektivitas, pariwisata, dan investasi untuk mencapai visi IMT-GT tahun 2036,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Awan Cirrocumulus: Gumpalan Awan Putus-putus Menyerupai Gelombang Bulu Domba di Langit

Presiden menjelaskan, memasuki usianya yang ke-30 tahun, IMT-GT menjadi kerja sama segitiga emas bagi 85 juta penduduk di tiga negara.

"Dan saya senang, meskipun dilanda krisis global, volume perdagangan IMT-GT berhasil mencapai USD618 miliar di tahun 2021," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat