unescoworldheritagesites.com

Sambut Masa Libur Sekolah dan Idul Adha 2023, KAI Daop 8 Operasikan 42 Kereta Api - News

Suasana jelang libur sekolah dan libur Idul Adha di salah satu stasiun

: KAI Daop 8 Surabaya siap mengoperasikan 42 Kereta Api jarak jauh saat masa libur sekolah kenaikan kelas dan juga masa libur bersama Hari Raya Idul Adha Tahun 2023.

Jumlah tersebut terdiri dari 17 keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, 14 keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 11 keberangkatan dari Stasiun Malang.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, pada masa libur ini penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 8 mengalami kenaikan dibanding dengan hari biasa.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Panah Asmara - Afgan

Berdasarkan data pada Kamis, 22 Juni 2023 tercatat 14.680 penumpang dan Jumat, 23 Juni 2023 tercatat 16.758 penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari wilayah Daop 8, meningkat bila dibanding dengan hari biasa diluar hari libur sekolah yang berkisar sekitar 12 Ribuan.

Mayoritas pelanggan menggunakan KA dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi. "Pelanggan terbanyak diantaranya KA Sritanjung, Airlangga, Sancaka, Ranggajati, dan lainnya," ujarnya.

Berkaitan dengan persyaratan perjalanan KA, KAI Daop 8 Surabaya memberlakukan syarat perjalanan baru naik Kereta Api berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Tatu - Didi Kempot

Sesuai Surat Edaran tersebut seluruh pengguna kereta api di Wilayah 8 Surabaya dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19. Saat berada di Stasiun ataupun di kereta, pengguna diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Namun KAI Daop 8 Surabaya tetap mengimbau agar seluruh pengguna untuk tetap memakai masker demi kesehatan bersama terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat.

Pelanggan yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, atau chanel penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI mulai H-45 sebelum keberangkatan KA.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI terus berinovasi dalam rangka menjadikan kereta api sebagai pilihan utama masyarakat dalam bertransportasi. Salah satu inovasi yang telah KAI hadirkan yaitu Face Recognition Boarding Gate yakni fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah.

Mulai Bulan Juni 2023, kata Luqman, KAI Daop 8 Surabaya telah menghadirkan fasilitas baru untuk pelanggan yaitu Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Para pelanggan keberangkatan KA dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dapat menikmati layanan Face Recognition Boarding Gate yang tersedia pada Stasiun tersebut untuk mempermudah proses boaring.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat