unescoworldheritagesites.com

Presiden Jokowi: Bandara Ewer Mempercepat Mobilitas Masyarakat Papua - News

Presiden Jokowi saat resmikan Bandara Ewer

: Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis (6/7/2023), meresmikan Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Presiden mengharapkan agar bandara ini dimanfaatkan semaksimalnya untuk melayani kebutuhan transportasi, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Asmat.

Jokowi menyebutkan, konektivitas atau keterhubungan antarwilayah, antarkabupaten, antarprovinsi, hingga antarkepulauan, menjadi hal penting yang terus ditingkatkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Dirjen Hubud: Bandara Ewer Mampu Meretas Keterisolasian Wilayah Papua Selatan

“Konektivitas dapat mempercepat mobilitas masyarakat dan juga barang serta dapat membuka isolasi wilayah sehingga mempercepat pengiriman logistik,” ujarnya.

Presiden berharap dengan kehadiran Bandara Ewer yang telah dikembangkan ini dapat meningkatkan ekonomi dan potensi wisata di Kabupaten Asmat.

"Kita ingin dengan selesainya Bandara Ewer ini,  ekonomi di Kabupaten Asmat dan Papua Selatan secara umum akan meningkat," harap Jokowi.

Baca Juga: Telkom Indonesia Melalui Finnet Luncurkan Finpay Link

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Kabupaten Asmat ini merupakan komitmen pemerintah dalam pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Papua Selatan.

"Bandara ewer ini cukup memadai dan berkeselamatan untuk pesawat jenis ATR, dengan panjang runway 1.650 m dan penumpang relatif hampir setiap hari datang dan pergi dari dan ke Ewer," ujarnya.

Budi Karya mengatakan, bandara Ewer akan menjadi titik sentral yang sangat strategis untuk melayani penerbangan penumpang maupun barang, dari dan ke bandara yang lebih besar seperti Timika dan Merauke maupun menuju bandara yang lebih kecil di wilayah pedalaman Papua.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Surabaya Raya Sosialisasikan Manfaat Program di Kalangan Bhabinkamtibmas Polrestabes Surabaya

Menhub mengapresiasi para pihak yang bekerjasama mendukung kelancaran pembangunan dan pelayanan di Bandara Ewer, diantaranya TNI dan Polri, DPR RI, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten di wilayah Provinsi Papua Selatan.

Budi Karya juga menyampaikan terima kasih kepada kementerian dan lembaga terkait atas sinergi dalam perencanaan program pembangunan bandara ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat