unescoworldheritagesites.com

PLN UID Jatim Fasilitasi Pengembangan 9 Kawasan Tematik - News

Salah satu kawasan tematik.yang mendapat bantuan dari PLN UID Jatim

: PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) pengembangan kawasan di 9 wilayah Jawa Timur dengan memberikan bantuan elektrifikasi hingga sarana prasana.

Program PLN UID Jatim ini diharapkan bisa mendorong masyarakat pedesaan menjadi lebih produktif dengan modernisasi peralatan berbasis teknologi.

"Tentu saja, program ini tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi listrik untuk kehidupan sehari-hari,” ujar General Manager PT PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Menhub Ungkapkan Pengalaman Membangun Bandara APT Pranoto Samarinda di Atas Tanah Labil

Sembilan wilayah yang mendapat bantuan dari PLN UID Jatim ini tersebar di Bojonegoro, Gresik, Jember, Kediri, Madiun, Surabaya, Sidoarjo, Pamekasn hingga Situbondo.

Dalam program ini, kawasan yang memiliki potensi di bidang pertanian, perikanan, pariwisata, Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), diberikan bantuan elektrifikasi dan pemberdayaan untuk menggerakkan roda perekonomian.

Salah satu penerima bantuan adalah Wana Wisata Grape Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Kawasan ini menjadi salah satu obyek wisata kawasan hutan jati serta sumber mata air pegunungan Wilis.

Baca Juga: Hindarkan Black Campaign, Kejaksaan RI Tunda Sementara Penanganan Kasus Capres/Cawapres, Bagaimana dengan KPK

Untuk mendukung pengembangan kawasan ini, PLN melakukan elektrifikasi 19 pelanggan 1 phasa dengan total daya 34,9 kVA. Untuk mempercepat pengembangan kawasan, PLN pun memberikan bantuan kompor induksi kepada UMKM yang berasal dari warga sekitar.

Menyambut baik program PLN ini, Kepala Desa Kresek Mariyono menyampaikan harapan kerjasama ke depan. “Terima kasih kepada PLN Madiun sudah merealisasikan pemasangan listrik di Wana Wisata Grape. Mudah-mudahan kerja sama yang sangat baik ini dapat semakin ditingkatkan dan dapat meningkatkan produktifitas UMKM di Wana Wisata Grape,” ujarMariyono.

Sama halnya, program desa tematik juga dijalankan di RW 10 Karang Pilang, Surabaya. Kawasan ini dinilai memiliki potensi usaha yang beririsan dengan program strategis pemerintah serta mampu menyokong pergerakan roda perekonomian masyarakat sekitar.

Baca Juga: Persaingan Sengit Mengangkat Kualitas BRI Liga 1 2023/2024 ke Tingkat Unggul

Potensi usaha di kawasan Desa Tematik RW 10 Karang Pilang ini dinilai cukup unik dan menjanjikan dari segi ekonomi. Selain budidaya ikan lele yang diolah menjadi abon yang siap dipasarkan dan dikonsumsi secara mandiri, kawasan ini juga mengembangkan ternak kambing etawa yang siap menyuplai pasar industri serta perorangan.

Bantuan PLN diberikan dalam beberapa bentuk. Diantaranya berupa bantuan pasang baru listrik gratis di warung UMKM yang menaungi usaha abon lele, peternakan kambing hingga warung makan, pembangunan gapura serta pemasangan lampu hias di akses jalan menuju desa.

PLN UID Jatim pun mengamati potensi Desa Balongdowo, Sidoarjo yang berada di wilayah bantaran sungai Candi memiliki potensi sebagai tempat wisata air dan wisata kuliner. PLN memberikan bantuan tambah daya dan mesin pengolah kupang untuk UMKM setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat