unescoworldheritagesites.com

Ini Kata Airlangga, Mengapa Indonesia Geber Kerja Sama Ekonomi dengan Kanada dan Singapura - News

Menko Airlangga dan Mendag Kanada Mary Ng.  (Tangkapan layar laman Kemenko Ekonomi)

: Indonesia terus berupaya meningkatkan kerja sama ekonomi dengan negara-negara mitra penting di bidang perdagangan dan investasi, khususnya dengan Kanada dan Singapura.

Implementasi dan pengembangan kerja sama multi bidang antara Indonesia dan Kanada menjadi prioritas yang tergambar dari berbagai hasil nyata kerja sama internasional antara kedua negara.

Sementara Indonesia-Singapura sepakat mengimplementasikan Program Tech:X, peningkatan kemudahan mobilitas bagi investor Singapura, pengembangan Pelabuhan Kendal, penguatan konektivitas udara, kerja sama agribisnis dan pariwisata.

Baca Juga: Sosialita Novita: Lomba Agustusan Jadi Kenangan Manis Bagi Anak dan Membaur Kehidupan Sosial sejak Dini

Yang jelas, kerja sama ekonomi baik dengan Kanada maupun Singapura, bagi Indonesia, inginnya dipercepat sesuai landasan aturan dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pertemuan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Perdagangan Internasional Kanada Mary Ng di Jakarta, Sabtu (19/8/2023) terungkap bahwa Kanada merupakan salah satu mitra dagang penting Indonesia.

Nilai perdagangan antara kedua negara mencapai USD4.3 miliar tahun 2022 atau meningkat 37,14% dari tahun sebelumnya. Investasi Kanada menempati urutan ke-15 dengan nilai investasi USD964 juta selama periode 2018-2022.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023: Indonesia Sisakan 9 Wakil di Babak 16 Besar

“Misi dagang kedua negara yang akan dilakukan dalam waktu dekat, akan berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan peningkatan hubungan ekonomi kedua negara,” ungkap Menko Airlangga di laman resmi Kemenko Ekonomi.

Hubungan ekonomi bilateral Indonesia-Kanada sendiri selama ini dinilai strategis mengingat kedua negara memiliki kepentingan ekonomi yang saling melengkapi. 

Indonesia dan Kanada merupakan produsen serta pengolah berbagai komoditas penting dan kerja sama antarkeduanya dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi di masing-masing negara.

Baca Juga: Kasad Jenderal Dudung Ajak Warga Kampung Pancasila Jaga Persatuan dan Kesatuan

"Berbagai kunjungan delegasi bisnis, baik Kanada maupun Indonesia diharapkan dapat lebih memperkuat hubungan dagang dan investasi kedua negara,” ujar Menteri Mary Ng.

Didampingi Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger, Menteri Mary Ng menjelaskan Kanada komit dalam pengembangan ekonomi bilateral dan kawasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat