unescoworldheritagesites.com

Jateng Wacanakan Transportasi Umum Pakai Bus Listrik - News

Driver Grab pun sekarang pakai motor listrik. (Istimewa)

SEMARANG: Jateng terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan transportasi umum. Salah satunya dengan mendorong kalangan industri agar segera melakukan riset dan pengembangan mobil listrik.

"Saat ini yang sedang kita bahas adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jateng," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat meninjau pabrik dan serah terima kendaraan listrik buatan Viar Jawa Tengah, di Kawasan Industri BSB, MIjen, Kota Semarang, Jumat (22/10/2021).

Menurut Ganjar, pihaknya telah berdiskusi dengan berbagai pihak terkait ini. “Yang kita mau dorong itu mobil. Termasuk di Dinas Perhubungan kita itu bus. Kita sudah penjajakan dengan beberap penyedia bus listrik. Sehingga harapannya bus-bus kota tersebut mungkin semua Trans Jateng juga bisa diganti listrik,” katanya.

Dalam acara itu, Ganjar melepas ribuan motor listrik buatan Viar di Jateng yang digunakan untuk para driver Grab. Ia mengapresiasi langkah transformasi bahan bakar fosil ke listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Ini bagian dari spirit bagaimana mentransformasikan motor berbahan bakar fosil pindah ke listrik,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar yang didampingi perwakilan dari Kementerian ESDM, mengingatkan agar persiapan transformasi dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterainya.

“Kita harapkan, bagaimana cara merecycle yang aman yang tidak membuat limbah B3 dan seterusnya. Ternyata sudah dipikirkan semua dan sekarang sistemnya sedang dikembangkan. Nanti ada semacam tempat untuk riset and development berkaitan dengan baterainya,” ujar Ganjar.

Upaya ini, sebutnya, harus didukung penuh. Selain membawa banyak manfaat, juga mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fossil.

“Bagian dari pengibaran bendera revolusi hijau dalam sistem transportasi kita dan ini bagian yang menurut saya luar biasa, saya akan dukung penuh,” tegasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat