unescoworldheritagesites.com

Gubernur Jatim Terinspirasi Fenomena Ghozali Everyday - News

Salah satu foto selfie Ghozali. (  (twitter/ghozali_ghozalu))


SURABAYA: Fenomena Ghozali Everyday menginspirasi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk mengajak warganya untuk ikut melakukan penjualan Non Fungible Token (NFT) melalui marketplace OpenSea. Dia mengklaim, wilayahnya memiliki banyak talenta-talenta hebat yang kreasinya mengglobal.

Gubernur Khofifah berharap, talenta-talenta hebat Jawa Timur harus ikut memanfaatkan peluang baru seperti NFT yang digunakan Ghozali. "Ada fenomena yang lagi booming yaitu NFT. Jadi mari kita dorong anak muda Jatim untuk memanfaatkan NFT," ujarnya, Senin (17/1/2022).

Seperti diketahui, Ghozali Everyday ini berhasil membuat karyanya tersebut menjadi ikonik di NFT. Ghozali menjual foto selfienya mencapai harga puluhan juta di salah satu marketplace NFT terbesar, OpenSea.

Keberhasilan Ghozali yang meraih keuntungan miliaran rupiah dari hasil penjualan NFT miliknya melalui marketplace OpenSea ini menjadi bukti. Bahwa era disrupsi digital membuka banyak peluang lapangan kerja baru dan usaha atau bisnis berbasis ekonomi kreatif.

Pemanfaatan NFT, kata dia, bisa berseiring dengan peningkatan sektor ekonomi kreatif yang menggunakan teknologi digital. Dia menyebut, lukisan, foto, ataupun produk kreatif lainnya yang bisa ditawarkan di NFT.

Dan pola perdagangan di bursa seni digital ini, menurutnya, tidak lagi mempersoalkan karya bagus atau tidak bagus. Sepanjang ada yang menyukai, maka transaksi akan terjadi. "Inilah salah satu peningkatan yang nyata kita lihat dalam sektor ekonomi kreatif," ujarnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini sudah bertemu dengan anak-anak muda sukses yang beberapa di antaranya bahkan masih SMK. Pendapatan mereka di industri kreatif ini fantastis dengan bermodalkan kreativitas mereka saja. Dia ingin, anak-anak muda lain bisa memanfaatkan peluang seperti mereka.

Karena itulah, ketika kesempatan relatif baru seperti NFT, Gubernur berharap semuanya bisa ikut beradaptasi. Untuk mendukung pemanfaatan NFT dan peluang lainnya, Pemprov Jatim sudah melakukan berbagai cara untuk menyiapkan wadah sekaligus memfasilitasi talenta ekonomi kreatif yang biasanya diminati anak muda.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat