unescoworldheritagesites.com

Operasi Pasar Di Palembang, Airlangga: Pemerintah Dorong Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan - News

Airlangga Hartarto melakukan operasi pasar di Palembang. (Kemenko Ekonomi.)

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto menegaskan 'operasi pasar' merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Menko Airlangga pun telah meninjau pelaksanaan operasi pasar di beberapa daerah untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan masyarakat terjaga dan merata di seluruh Indonesia.

Terakhir, Menko Airlangga melakukan operasi pasar di Pasar Alang-Alang Lebar KM12 Palembang, Sabtu (5/3/2022) dalam serangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga: Menkeu Serahkan 21 Nama Calon Dewan Komisioner OJK Kepada Presiden, Siapa Mereka?

Dalam melakukan operasi pasar tersebut terungkap sebanyak 14.000 liter minyak goreng kemasan, 8.000 liter minyak goreng curah, 6 ton beras dan 2 ton gula pasir didistribusikan di pasar tersebut.

“Tentu kita akan medorong bahwa dari ketersediaan maupun harga (bahan pangan) yang bisa dijangkau dan pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sedang diberlakukan,” kata Menko Airlangga di sela-sela melakukan operasi pasar di Palembang, Sabtu (5/3/2022).

Sebelumnya Menko Airlangga Hartarto juga melakukan operasi pasar di pasar-pasar sejumlah daerah. Beberapa lokasi operasi pasar tersebut di antaranya, Pasar Rakyat Phula Kerti Denpasar, Pasar Cileungsi Bogor, Pasar Wonokromo Surabaya, Pasar Motor Kijang Kabupaten Bintan, Pasar Kangkung Lampung, Pasar Bawah Pekanbaru dan Pasar Raya Salatiga.

Baca Juga: PT Kilang Pertamina Internasional Kilang Kasim Kembali Lakukan Diskusi ProKlim Bersama Masyarakat Seget

Menurut Airlangga, pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga bahan pangan dan memastikan kesediaannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu, berbagai kebijakan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan masyarakat diterapkan dan dievaluasi seiring dengan pemberlakuannya.

"Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah pemerintah melakukan operasi pasar," kata Menko Perekonomian yang juga menjabat Ketua Umum Partai Golkar ini.

Dalam operasi pasar kali ini, Kemenko Perekonomian bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, dengan dukungan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Sumatera Selatan.

Baca Juga: Jokowi: Perang Ukraina Menambah Tantangan Global Makin Penuh Ketidakpastian

Seperti biasanya saat melakukan operasi pasar di daerah-daerah, Menko Airlangga menyapa para pedagang dan pembeli untuk berdialog langsung dan mendengar aspirasi mereka. “Dan, tentu tadi harapan masyarakat agar continue supply terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok ini termasuk minyak goreng ini bisa tersedia,” ujar Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Walikota Palembang, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, perwakilan Bulog, dan para produsen minyak goreng yang mendukung operasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat