unescoworldheritagesites.com

H-5 Lebaran, Trafik Kendaraan Di JTTS Meningkat Lebih 50 Persen - News

H-5 jelang lebaran, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat lebih dari 8 ribu kendaraan dari pulau jawa mulai memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

 

: H-5 jelang lebaran, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat lebih dari 8 ribu kendaraan dari pulau jawa mulai memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Angka ini, merupakan jumlah kendaraan yang masuk ke JTTS via GT Bakauheni Selatan per Rabu (27/4) malam. Total lalin yang memasuki JTTS ini meningkat 52,58% dibanding angka lalin pada periode normal.

Walau angka kendaraan yang melintas sudah cukup besar, namun Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan VLL dan puncak arus mudik akan terjadi pada Jum’at (29/4). Hal ini, dikarenakan cuti bersama baru mulai diterapkan pada tanggal tersebut.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi
Aryono Bayuaji, mengatakan bahwa mayoritas kendaraan yang melintas rata-rata menuju arah
Lampung via GT Kotabaru dan Palembang via GT Kayuagung Utama. “Dari pantauan kami,
mayoritas kendaraan yakni 6.970 atau sekitar 85% kendaraan keluar di Lampung lewat GT
Kotabaru sedangkan sisanya menuju arah Palembang,” ujar Dwi.

Dwi juga menambahkan bahwa hingga saat ini belum terjadi kepadatan baik di gerbang tol
maupun di jalan tol yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan tol selama masa mudik. Namun, pemudik diminta untuk mempersiapkan dengan baik rencana perjalanan, kendaraan termasuk pengemudi. “Agar semua merasa aman dan nyaman, kami minta pemudik untuk mempersiapkan konsisi fisik pengemudi dan kendaraan. Pastikan juga saldo uang elektronik dan BBM cukup selama di perjalanan. Kalau lelah segera menuju rest area untuk beristirahat dan gunakan fasilitas dengan bijak,” tutup Dwi Aryono Bayuaji, EVP Divisi OPT Hutama Karya.

Selain di Tol Lampung – Palembang, Hutama Karya juga mencatat sebanyak lebih dari 15 ribu kendaraan telah melintas di JTTS pada H-5 lebaran. Angka tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari 5 GT yakni GT Pekanbaru sebanyak 6959 kendaraan, GT Binjai sebanyak 4.688, GT Indrapuri sebanyak 513 kendaraan, GT Bengkulu sebanyak 1.691 kendaraan, dan GT Bangkinang sebanyak 1.733 kendaraan.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Patuhi kecepatan minimum dan maksimum yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan, kecuali dalam keadaan darurat. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Jangan lupa, untuk isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup selama diperjalanan.

Informasi lalu lintas terkini, permintaan pelayanan maupun pengaduan, agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol, serta aplikasi HKTollApps untuk pengguna iOS dan Android.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat