unescoworldheritagesites.com

Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Legi, Wamendag Sebut Relatif Turun - News

Wamendag Jerry Sambuaga melakukan sidak harga dan stok kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo (Endang Kusumastuti)

 

: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga tegaskan harga-harga kebutuhan bahan pokok relatif turun semuanya. Ini diungkapkan Wamendag usai sidak harga dan stok kebutuhan bahan pokok di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/8/2022).

"Kami melihat relatif semuanya turun, yang pertama kami cek itu adalah minyak goreng. Minyak goreng curah itu tadi di dua pedagang,  tapi melihat pertama itu dijual di bawah harga HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp11.250 per liter," jelasnya.

Harga tersebut dibawah harga HET yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar Rp14.000 per liter. Sedangkan pedagang lainnya menjual minyak goreng curah seharga Rp13.000 per kilogram (kg), atau di bawah HET yakni Rp15.500 per kg.

Baca Juga: Dibangun PT Amarta Karya, Gubernur DKI Jakarta Resmikan Rusunawa Pulo Jahe Jaktim

"Ini menunjukkan berarti harga minyak berhasil sesuai dengan apa yang diarahkan oleh Bapak Presiden," katanya.

Selain minyak goreng curah, Wamendag juga mencatat harga dan stok sejumlah bahan pokok lainnya termasuk minyak goreng minyakkita (minyak goreng program kementerian perdagangan). 

"Minyak gioreng minyakkita juga dijual pedagang dengan harga Rp14.000 per liter dan stoknya aman. Saya juga cek bawang merah, bawang putih, tomat, cabai dan kol," jelasnya lagi.

Baca Juga: Gus Rofii: Berita Hoax Kapolda Metro yang Didasari Fitnah dan Adu Domba Malah Dibalas Tebar Kebaikan

Hasil pantauan di Pasar Legi, tercatat daging ayam ras Rp34.000 per kg, telur ayam ras Rp28.500 per kg, daging sapi Rp135.000 per kg, tepung terigu Rp12.000 per kg, bawang merah Rp25.000 per kg, bawang putih honan Rp17.000 per kg, cabai merah keriting Rp45.000 per kg, cabai merah besar Rp45.000 per kg, cabai rawit merah Rp33.000 per kg.

"Mudah-mudahan ini bisa bertahan terus dan bia dikonsumsi masyarakat dengan harga terjangkau," katanya.

Tetapi untuk komoditas telur saat ini mengalami kenaikan harga yakni Rp28.500 per kg. Meskipun relatif mengalami kenaikan tetapi Jerry menekannkan saat ini stok telur di pasaran aman.

Baca Juga: Komnas HAM dan Komnas Perempuan Ingin Hak-Hak PC Dihormati, Minta PC Terbuka dan Jujur

Lebih lanjut Jerry Sambuaga mengatakan untuk mempertahankan harga-harga kebutuhan pokok stabil, rantai distribusi juga akan dipantau. Selain itu juga dibutuhkan koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat