unescoworldheritagesites.com

Menko Airlangga: Indonesia-India Perkuat Kerja Sama, Sepakat Dorong Partisipasi di IPEF - News

Menko Airlangga dan Menperin India Piyush Goyal di forum IPEF, Los Angeles, AS. (Kemenko Ekonomi)

: Indonesia dan India secara domestik terus mengkaji berbagai manfaat dari kerja sama regional dalam Forum Indo Pacific Economic Framework (IPEF) di Los Angeles-, AS, yang ditutup, Jumat (9/9/2022).

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Republik India Piyush Goyal di Los Angeles, AS setelah penutupan Forum IPEF, Jum’at (9/9/2022).

Menurut Menko Airlangga, Pemerintah Indonesia mengimplementasikan kebijakan yang menyeimbangkan aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi untuk mengatasi dampak akibat pandemi.

Baca Juga: Deri Protocol Ajak Developer Bangun DApps di Platformnya

Berkat kebijakan tersebut, perekonomian Indonesia tercatat mampu tumbuh mencapai sebesar 5,01% (yoy) pada kuartal pertama 2022 dan 5,44% (yoy) pada kuartal kedua 2022, serta diproyeksikan akan tumbuh pada kisaran 4,5%-5,3% pada penutupan tahun ini.

Tren positif ini diikuti dengan pulihnya beberapa indikator ekonomi, seperti konsumsi masyarakat, peningkatan investasi baik PMDN maupun PMA, termasuk dari sektor eksternal di mana surplus dalam neraca perdagangan terus berlanjut yang tercatat sebesar 7,23 miliar.

"Pencapaian ini tentu saja berkat kerja sama yang erat antara Indonesia dengan banyak partner country, termasuk India,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Lirik Lagu Kasih Putih Glenn Fredly

Indonesia dan India memandang forum IPEF untuk kepentingan bersama negara-negara kawasan Indo Pasifik. Kedua negara pun sepakat saling mendukung keterlibatan kedua negara dalam kerja sama regional tersebut.

Nilai total perdagangan Indonesia dengan India sekitar 21,01 miliar dolar AS di 2021 dan tercatat meningkat 48,48% dari 2020 yang sebesar 14,15 miliar dolar AS. Volume perdagangan pada periode Januari hingga Juni 2022 yakni sekitar 16,6 miliar dolar AS atau naik 81% dari periode sama tahun lalu.

Pertemuan juga membahas mengenai pengembangan kerja sama di bidang farmasi dengan kemungkinan India membangun manufaktur di Indonesia.

Baca Juga: Gudang JNE Cimanggis Depok Kebakaran, JNE Siap Ganti Rugi Paket

Sebagai tambahan informasi, sejauh ini perusahaan India telah menjalin kerja sama dengan Kalbe Farma sejak tahun 2018.

Terkait kerjasama Andaman and Nicobar, Menko Airlangga mendorong realisasi kerjasama joint task force dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat