unescoworldheritagesites.com

Sempat Tak Operasi Akibat Gangguan Keamanan, Kini Bandara Kiwirok Dibuka Kembali - News

warga yang hendak gunakan transportasi udara lewat Bandara Kiwirok

:  Bandar Udara (Bandara) Kiwirok yang sejak tahun 2021 tak lagi melayani penerbangan akibat gangguan keamanan, kini dioperasikan kembali. Sehingga  masyarakat Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang Papua dapat menikmati kembali pelayanan transportasi udara Sentani-Kiwirok-Sentani di Bandara Kiwirok.

“Telah dilaksanakan penerbangan perintis subsidi dengan rute Sentani-Kiwirok pulang pergi seminggu sekali menggunakan pesawat Susi Air jenis Caravan,” ujar Nur Isnin Istiartono atas nama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Jumat (2/12/2022) di Jakarta.

Untuk diketahui, operasional penerbangan di Bandar Udara Kiwirok sempat terhenti selama beberapa bulan karena alasan keselamatan dan keamanan. Hal ini pula yang mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke beberapa distrik di Pegunungan Bintang, salah satunya ke Oksibil.

Baca Juga: Menaker Tinjau Aktivitas Pemagangan Peserta Bidang Tata Operasi Darat di Bandara Narita

“Beroperasinya kembali penerbangan perintis  dari Sentani ke Kiwirok ini berkat adanya kolaborasi dan dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah Pegunungan Bintang, aparat TNI/Polri, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kiwirok dan stakeholders terkait lainnya,” ujar Isnin.

Menurutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan terus mendukung keberlangsungan penerbangan di semua bandara dengan membuka konektifitas di daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP).

“Beroperasinya kembali penerbangan di bandara ini, menjadi momen yang membahagiakan bagi saudara-saudara kita di Distrik Kiwirok, karena bisa pulang rumahnya dengan selamat dan aman,” tuturnya.

Baca Juga: Ditjen Hubud Tepis Isu Oknum Pegawai Bandara Peras Penumpang

Pada kesempatan tersebut, Ditjen Hubud juga memberikan bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian kepada warga Distrik Kiwirok yang mengungsi.

Sebagai informasi, sebelum beroperasi kembali penerbangan di Bandar Udara Kiwirok, Ditjen Hubud telah melaksanakan Focus Group Discussion tentang Keselamatan Penerbangan di UPBU Kiwirok Perspektif Keberlangsungan Transportasi Udara pada 30 November 2022.

“Hasilnya rute Sentani-Kiwirok PP dibuka lagi. Selanjutnya masih ada lima rute dibuka Desember ini untuk melayani mobilitas masyarakat Distrik Kiwirok  menyambut dan merayakan Natal dan Tahun Baru 2023,” ujarnya.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat