unescoworldheritagesites.com

DJKA Operasikan Jalur KA di Sejumlah Lokasi Jelang Akhir Tahun 2022 - News

DJKA operasikan sejumlah jalur KA baru

: Pembangunan jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare sepanjang 144 km menjadi salah satu capaian penting Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) di tahun 2022.

Pada proyek pembangunan jalur KA pertama di Sulawesi Selatan itu, DJKA juga membangun tujuh stasiun baru di sepanjang jalur tersebut yang sudah dilakukan uji coba pengoperasian terbatas sejak Oktober 2022. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam kegiatan NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api pada Senin (12/12/2022) di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan.

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyampaikan bahwa pembangunan jalur KA Makassar-Parepare merupakan salah satu dari berbagai capaian DJKA di tahun ini.

“Berkat dukungan masyarakat, tahun ini kami juga telah meresmikan modernisasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, pengoperasian jalur ganda Bogor-Sukabumi untuk ruas Bogor Paledang-Cicurug, serta pengoperasian Stasiun Matraman sebagai salah satu stasiun baru yang dibangun oleh DJKA,” urai Risal.

Baca Juga: PT Hutama Karya (Persero) Melalui KSO Bangun Jalur KA Lintas Medan-Binjai

Selain itu, Risal menyebutkan bahwa Tahun 2022 menjadi tahun yang penting bagi pengembangan Stasiun Manggarai. Pada tahun ini, telah dilakukan dua kali switch over sebagai rangkaian tahapan pembangunan di stasiun yang terletak di Jakarta Selatan ini.

Meski sempat terjadi pro dan kontra selama pembangunan berlangsung, Risal optimis bahwa pengembangan Stasiun Manggarai ini nantinya akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kami memohon maaf jika selama pembangunan berlangsung, terdapat penyesuaian-penyesuaian yang menimbulkan ketidaknyamanan. Kami juga ingin berterima kasih atas kesabaran dan pengertian terhadap proses pembangunan yang berlangsung, insya Allah kenyamanan yang dikorbankan hari ini akan menuai hasil yang baik di kemudian hari ketika nanti pembangunan Stasiun Manggarai sepenuhnya selesai,” kata Risal.

Baca Juga: Hati-hati Parkir Di Jalan Slamet Riyadi Solo, Ada Jalur KA Yang Masih Digunakan Lho

Risal juga menyampaikan bahwa tahun ini DJKA telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalur KA Tebing Tinggi - Kuala Tanjung untuk ruas Tebing Tinggi - Lalang. “Alhamdulillah pada tanggal 2 Desember 2022 kemarin telah dilakukan soft launching KA Datuk Blambangan yang akan melayani masyarakat untuk lintas Tebing Tinggi - Lalang,” sebut Risal.

Risal menambahkan, capaian pembangunan yang berhasil dilakukan DJKA di tahun ini diharapkan dapat membawa manfaat dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Khususnya dalam periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, kami berharap sarana dan prasarana kereta api yang sudah kami bangun dan operasikan, dapat membantu mobilisasi masyarakat selama menikmati masa berlibur bersama keluarga,” tutup Risal. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat