unescoworldheritagesites.com

KAI Daop 8 Surabaya Beberkan Link Penipuan Berkedok Promo KAI - News

Ilustrasi

: Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya kembali mengingatkan masyarakat terkait maraknya penipuan berkedok Promo KAI. BUMN membeberkan sejumlah link penipuan yang biasa digunakan pelaku.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, meminta agar masyarakat jangan klik link penipuan berkedok Promo KAI tersebut dan tidak mengikuti langkah yang disampaikan. "Jangan sampai masyarakat memberikan data ke website tersebut dan jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan," ujarnya, Jumat (6/1/2023).

Dia menyebutkan link penipuan berkedok Promo KAI yang kembali ramai beredar melalui sosial media tersebut. Diantaranya https://mmmjemp.cn, https://bankruptcymelodious.cn, https://qxowtod.cn, https://crueltyspongy.cn, https://ambulancesodium.cn, https://negotiatefoam.cn, https://deceptivebuffalo.cn, dan lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Aku Bingung Kowe Bingung Kabeh Bingung Dadi Suwung yang Sedang Viral di TikTok

Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap phishing atau upaya untuk mendapatkan informasi dengan teknik pengelabuan tersebut. Link itu berkedok promosi dengan identitas KAI seperti logo, nama, dan foto-foto perkeretaapian.

Dia menyebut, di dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

“Diharapkan berhati-hati serta waspada terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat