unescoworldheritagesites.com

Semen Indonesia Rayakan Satu Dekade Transformasi Lewat Event Berthema Stronger CollaborAction - News

Direktur Utama SIG, Donny Arsal (ketiga kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada Komisaris Utama SIG, Rudiantara (kedua kiri)

: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) merayakan Satu Dekade Transformasi (7 Januari 2013 – 7 Januari 2023) dengan menggelar perayaan berthema Stronger CollaborAction di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta pada Sabtu (7/1/2023).

Menurut Direktur Utama SIG, Donny Arsal, sepuluh tahun bukan waktu yang sebentar bagi SIG. "Apalagi dalam perjalanannya, banyak dinamika dan berbagai tantangan yang dihadapi secara bisnis maupun konsolidasi di internal," ujarnya.

SIG, kata dia, dibentuk sebagai BUMN semen yang menyatukan seluruh kekuatan-kekuatan di daerah, menjadi kekuatan nasional. Dia menyebut 7 Januari 2013 sebagai momentum bersejarah dengan perubahan nama dari Semen Gresik menjadi Semen Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Pariban Dari Jakarta - Suryanto Siregar

“SIG dibentuk bukan hanya agar menjadi BUMN Semen pemimpin di Indonesia. Kita memiliki visi besar untuk menjadi regional champion, menjadi penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional," ujarnya.

Karena itu, pihaknya merasa harus menjadi yang terdepan di industri. SIG melengkapi kekuatan dengan bergabungnya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yang membawa tambahan best practice, knowledge, dan solusi-solusi yang memperkaya portofolio Perusahaan.

Bahkan kali ini, SIG menyambut anggota baru dalam keluarga besar SIG, yaitu Semen Baturaja. Dari ujung Barat hingga Timur, SIG hadir untuk Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Anak Medan - Trio Lamtama

Melalui kolaborasi tim yang solid, SIG terbukti mampu mencatatkan kinerja positif dan sederet prestasi gemilang, di tengah tantangan yang dihadapi sepanjang 2022. Mulai dari persaingan yang semakin ketat hingga peningkatan biaya produksi terutama akibat kenaikan harga bahan bakar.

Menurutnya, salah satu prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan adalah kesuksesan right issue SIG yang terserap hingga 96,9% dari keseluruhan transaksi, baik dari porsi publik maupun porsi Negara.

“SIG kini memiliki posisi yang sangat kuat, dominan dalam industri semen domestik. Namun sayangnya, itu juga bukan berarti posisi kita sudah aman. Setiap tahun akan selalu ada tantangan baru dan tidak menjadi semakin mudah. Kita tidak bisa berharap bahwa kondisi industri atau persaingan ini akan menjadi mudah, tapi justru kitalah yang harus bisa menjadi lebih kuat,” ujar Donny Arsal.

Baca Juga: Lirik Lagu Pedhot Janji - Damara De

Sementara itu Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa SIG merupakan BUMN semen terbesar di Asia Tenggara yang memiliki kontribusi besar bagi masyarakatdan juga Indonesia.

"Melalui berbagai inovasi dan semangat transformasinya, SIG sebagaiperusahaanpenyediasolusi bahan bangunanterbesar di regional, mampu menjadi BUMN kelas dunia," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat