unescoworldheritagesites.com

PLN dan Desa Sidomulyo Berkolaborasi Dukung Pengembangan Desa Wisata Edukatif - News

Desa Wisata Sidomulyo binaan PLN mulai memasarkan wisata edukatif

: PLN Peduli dan Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember berkolaborasi menggerakkan ekonomi desa. Mereka sejak 2018 membentuk sejumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mendukung wisata alam di Desa Sidomulyo.

Desa Sidomulyo yang merupakan desa binaan PLN ini berada di kaki Gunung Gumitir yang dikenal dengan potensi alamnya. Kini desa ini terus berkembang dan mulai aktif menawarkan wisata desa edukatif bagi pelancong.

Menurut Senior Manager Komunikasi & Umum PLN UID Jawa Timur, Hamzah, program Desa Wisata Sidomulyo telah menjadi salah satu program unggulan yang telah mengukir prestasi melalui penghargaan ISDA Awards tahun 2022. “PLN senang jika apa yang kami berikan kepada masyarakat benar-benar memberi manfaat luas,' ujarnya, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Pedhot Janji - Damara De

Diakui, masyarakat yang biasa melintasi Jember menuju Banyuwangi sudah tidak asing dengan desa ini. Terletak di jalur selatan Jember-Banyuwangi, desa ini menjadi destinasi yang tepat untuk beristirahat sebelum memasuki kawasan pegunungan.

Hanya dengan biaya Rp50 ribu, pengunjung dapat berkeliling desa menuju lokasi edukasi domba, melihat kerajinan akar alam, edukasi tentang kopi dan pengolahannya, berkunjung pada rumah batik, hingga menuju Sendang Tirto Gumitir.

Masyarakat desa Sidomulyo juga diberdayakan untuk menyediakan kegiatan edukasi, melakukan kegiatan usaha pendukung seperti homestay, persewaan sepeda untuk kegiatan khusus bersepeda di kawasan hutan pinus, dan menjadi pelaku industri kreatif untuk menunjang wisata budaya.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Wingi Aku Tenanan Sayang Karo Kowe' Rasah Bali yang Kembali Viral

Menurut Kepala Desa Sidomulyo, Kamiluddin, desanya kini terus berupaya meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat dan mendorong kemandirian ekonomi desa. Ia menyebut berbagai capaian telah mengantarkan Desa Sidomulyo meraih status Desa Mandiri dari Kementerian Desa pada 2022.

“Berkat dukungan PLN, desa ini secara ekonomi, sosial, dan lingkungan telah baik sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa serta menjadikan masyarakat lebih sejahtera. Keberadaan wisata dan pembentukan UMK baru di desa ini membawa perubahan besar bagi masyarakat, banyak masyarakat yang mendapatkan mata pencaharian baru," ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat