unescoworldheritagesites.com

Pembukaan Bulan K3, Komitmen PLN Nusantara Power Diapresiasi Kementerian ESDM dan Basarnas - News

Suasana peragaan penggunaan perangkat K3 milik PLN Nusantara Power

: PLN Nusantara Power (NP) membuka peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2023 dengan menggelar serangkaian kegiatan di area PLTU Paiton, Probolinggo. Subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara ini berharap bisa mengintegrasikan budaya zero accident di seluruh unit pembangkit yang bergabung ke PLN NP.

Gelaran PLN NP yang dihadiri Kementerian ESDM dan Basarnas Pusat ini diwarnai dengan demonstrasi pemadaman kebakaran, dan penyelamatan korban, hingga berbagai lomba ketangkasan dan keterampilan Tim Fire Rescue di lingkungan subholding pembangkitan tersebut.

Menurut Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah, pihaknya berkomitmen mengedepankan dan mengutamakan keselamatan jiwa karyawannya dalam mengoperasikan unit pembangkit. “Tidak ada yg lebih penting dari nyawa manusia (karyawan)," ujarnya dalam acara bertajuk "Sinergi Untuk Mempercepat Internalisasi Safety Culture" tersebut, Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Mangku Buku - Farel Prayoga

Melalui penyelenggaraan acara Bulan K3 ini, pihaknya ingin mengintegrasikan budaya zero accident di unit pembangkit yang bergabung ke PLN NP. Pihaknya juga memastikan akan terus meningkatkan prosedur keselamatan, sehingga prestasi zero accident bisa terus dipertahankan.

Diakui, pembentukan subholding PT PLN NP ini menjadikan semakin banyak unit pembangkit yang dikelola. Dan ini menjadikan challenge tersendiri untuk menyelaraskan dan memperkuat proses bisnis yang ada, termasuk standarisasi proses bisnis K3 yang merupakan aspek penting bagi sustainability perusahaan.

Vice President HSSE PLN NP, Achmad Djalaludin menjelaskan bahwa kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan cedera manusia, kerugian materi/ aset, moril dan pencemaran lingkungan namun dapat mempengaruhi produktivitas juga. "Penerapan K3 diperlukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan kerja serta menjamin setiap workforce mendapat perlindungan atas keselamatannya," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Batak 'Martangan Pudi' - Nagabe Trio

Direktur Teknik Kementrian ESDM, Ir M Priharto Dwinugroho MSE yang juga hadir pada acara tersebut turut mengapresiasi komitmen PLN NP yang lebih mengutamakan keselamatan jiwa.

Atas komitmen dan konsistensi dari implementasi keseluruhan program tersebut pada tahun 2022 PT PLN NP berhasil meraih nihil loss time injuries (LTI) dan nihil PAK. Selain itu, 8 Unit PT PLN NP juga berhasil mendapatkan penghargaan Soebroto Award tahun 2022 dari kementerian ESDM serta mendapatkan 5 Proper Emas di penghujung tahun 2022.

“PLN NP telah dengan jelas menunjukan semangat dan komitmennya dalam menjaga zero accident di seluruh unit pembangkitnya. Berbagai lomba seperti fire rescue dan simulasi tanggap darurat serta berbagai prestasi yang kontinyu diraih PLN NP menjadi bukti akan hal tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Pedhot Janji - Damara De

Pembukaan K3 di lingkungan PLTU Paiton ini diwarnai dengan demonstrasi pemadaman kebakaran di Fire Service Training Center yang menyerupai purwa rupa peralatan di unit pembangkit. Melalui demonstrasi ini juga diharapkan akan meningkatkan kesadaran dari resiko kebakaran yang selalu ada di unit pembangkit.

Selain peningkatan kesadaran, demonstrasi ini juga meningkatkan motivasi seluruh tim unit pembangkit agar meningkatkan skill dan ketangkasannya. "Saya harap 29 tim fire rescue dari seluruh unit pembangkit dapat terjaga ketangkasannya dan dapat memberikan kontribusinya di bidang kesehatan dan keselamatan kerja," ujar Ruly.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat