unescoworldheritagesites.com

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana - News

Kemenhub dalam hal ini Ditjen Hubla menggelar KPLP Award tahun 2023

: Patroli dan pengamanan (laut dan pantai), penegakan hukum, tertib berlayar, penanggulangan musibah dan pekerjaan bawah air membutuhkan kehadiran KPLP. Berdasarkan tugas dan tanggung jawab itu tentu saja dibutuhkan peningkatan sarana prasarana KPLP.

Hal itu dikemukakan Dirjen Hubla, Arif Toha, Jumat (3/2/2023). Peran dan keberadaan KPLP begitu penting. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) menggelar  KPLP Award Tahun 2023 sebagai bagian dari rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) ke-50.

KPLP Award ini adalah wujud penghargaan Direktorat KPLP kepada personil, Unit Penyelenggara Teknis di daerah serta seluruh pihak termasuk perusahaan-perusahaan sebagai mitra kerja KPLP selama ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubla, Arif Toha  mengapresiasi dimana ulang tahun ke-50 menurutnya bukan waktu yang singkat,  tentu banyak sekali tantangan yang telah dihadapi.

Baca Juga: KPLP Terus Bersinergi Jaga Laut dan Pantai Indonesia Sejak 50 Tahun Silam

"KPLP award merupakan apresiasi atas semua dukungan dan support baik dari internal KPLP maupun dari mitra kerja KPLP. Selamat kepada para penerima KPLP Award Tahun 2023," ujar Arif, Senin (30/1/2023).

Dirjen Arif berharap KPLP award ini dapat menjadi motivasi semua pihak untuk untuk lebih berkontribusi bagi kemajuan KPLP khususnya dalam kegiatan patroli dan pengamanan, penegakan hukum, tertib berlayar, penanggulangan musibah dan pekerjaan bawah air serta peningkatan sarana prasarana KPLP.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur KPLP Capt Mugen S Sartoto menjelaskan KPLP Award tahun 2023 ini terdiri beberapa penghargaan di setiap bidang tugas dan fungsi pada Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, yaitu 1. Bidang Patroli dan Pengamanan; 2. Bidang Penegakan Hukum; 3. Bidang Tertib Berlayar; 4. Bidang Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air; 5. Dan Bidang Sarana dan Prasarana.

"Penilaian dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian masing-masing bidang secara objektif dan terukur serta dapat dipertanggungjawabkan dan kami juga menyampaikan bahwa keputusan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," ujar Capt Mugen.

Baca Juga: Petugas KPLP Penjaga Laut dan Pantai Dibekali Kemampuan Boarding Officer

Pada tahun 2023 ini anugerah KPLP award diberikan kepada 7 (tujuh) personil, 3 (tiga) UPT, 1 (satu) kapal dan 6 (enam) perusahaan. "Dengan semangat KPLP Responsif: Responsibility, Ownership, Integrity and Functual mari kita bersama-sama meneguhkan semboyan

Dharma Jala Praja Tama sebagai insan bahari selalu berusaha menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara," tutur Capt Mugen.

Berikut daftar pemenang KPLP Award 2023: Bidang Patroli  dan Keamanan; Luqman Sariful Hidayat, ST (Auditor ISPS Code Kantor Kesyahbandaran Utama Tg Perak); RSO PT Yapanindo Konsultan yang berperan aktif, dalam membantu sebagian tugas dan fungsi KPLP mengimplementasikan ISPS Code; KN Damaru P.214 - Pangkalan PLP Tj Priok (Nakhoda : Capt Kasid Sunuh Wahyudi) dan Pangkalan PLP Kelas II Bitung.

Baca Juga: Demi Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenhub Luncurkan Aplikasi SIM KPLP

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat