unescoworldheritagesites.com

Tingkatkan Keamanan Penerbangan, Ditjen Hubud dan Australia Kolaborasi Gelar National Contigency Exercise - News

Ditjen Hubud - Australia tingkatkan keamanan penerbangan

:  Demi peningkatan aspek keamanan penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan berkolaborasi bersama pemerintah Australia menggelar National Contigeny Exercise 2023 (NCEx 23) pada tanggal 29-30 Agustus 2023 di Bogor.

NCEX 23, Badan Intelijen Nasional, TNI AU, Polri, PT. Angkasa Pura I, PT. Angkasa Pura II, Perum LPPNPI AirNav Indonesia, Garuda Indonesia, Otoritas Bandara Wilayah I dan IV, operator Bandara Soekarno-Hatta dan operator Bandara Ngurah Rai serta perwakilan dari seluruh stakeholder menyaksikan latihan seluruh anggota Komite Nasional Keamanan Penerbangan yang tidak terlibat dalam skenario.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara (Hubud), M Kristi Endah Murni menjelaskan, NCEx 23 adalah latihan komando, koordinasi dan penanggulangan tingkat nasional dalam bentuk tabletop exercise untuk membantu stakeholder terkait, dalam meningkatkan kapasitas nasional mencegah, mengantisipasi dan menanggulangi ancaman, insiden dan/atau tindakan terorisme terhadap keamanan penerbangan.

keamananBaca Juga: PPNS Penerbangan Sipil Diminta Tingkatkan SDM untuk Penegakan Hukum Secara Profesional

“Kegiatan NCEXx 23 ini dapat memberikan penguatan dalam komando, koordinasi dan response seluruh stakeholders terkait dalam penanggulangan keadaan darurat keamanan,” ujar Kristi.

Kristi menambahkan adanya kerja sama antara pemerintah, stakeholders maupun expertise akan dapat menggabungkan pemikiran, sumber daya, dan kapasitasnya untuk dapat melakukan mitigasi secara lebih komprehensif dan meminimalkan dampak yang terjadi pada saat keadaan darurat.

“Kolaborasi antar stakeholders ini sangat penting apalagi terjadi keadaan darurat keamanan, dan memastikan upaya respon yang terkoordinasi, alokasi sumber daya yang efisien, dan komunikasi yang efektif,” jelasnya.

Baca Juga: Ditjen Hubud Upayakan Dekarbonasi Penerbangan

Kristi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Australia yang telah memberikan dukungan dan menjadi narasumber dalam kegiatan National Contigeny Exercise 2023 ini.

“Peran aktif peserta pada kegiatan ini akan sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman positif  yang berdampak bagi dunia penerbangan Indonesia khususnya di bidang keamanan penerbangan,” tutur Kristi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat