unescoworldheritagesites.com

Lepas 2.000 Pekerja Magang ke Jepang, Airlangga: Mereka akan Belajar di Industri Standar Tinggi - News

Lepas 2.000 Pekerja Magang ke Jepang, Airlangga: Mereka akan Belajar di Industri Standar Tinggi (Kemenko Ekonomi)

: Pemerintah menjalin berbagai kerja sama bilateral dalam menyediakan fasilitas pemagangan sebagai salah satu upaya strategi dalam mendorong peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melepas 2.000 peserta magang ke Jepang, Kamis (21/9/2023) sebagaimana dilaporkan di laman resmi Kemenko Ekonomi, ekon.go.id.

Menurut Airlangga, kegiatan pemagangan yang baik dapat menciptakan lulusan dengan kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri, serta mampu bersaing di tingkat global.

Baca Juga: Asian Games XIX: Timnas Cricket Indonesia Dikalahkan Tanpa Bertanding, Abhiram S Yadav Yakin NOC Protes

“Pemagangan menjadi andalan bagi Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, karena pemuda-pemudi yang magang akan belajar di industri masing-masing, tentunya dengan standar dunia, apalagi Jepang yang produknya kebanyakan diekspor ke mancanegara dan mempunyai standar tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Menko Airlangga menyebutkan bahwa Program Pemagangan Luar Negeri tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua negara.

Melalui program tersebut, peserta dapat memahami praktik kerja terbaik yang telah diterapkan di negara maju. Bagi negara tujuan pemagangan, manfaat yang diperoleh berupa ketersediaan tenaga kerja yang kompeten untuk mendorong produktivitas perekonomiannya.

Baca Juga: Menaker Melepas 224 Cabin Crew ke Arab Saudi

Dalam RPJMN 2020-2024, pemerintah juga telah menargetkan lebih dari 20 ribu orang mengikuti program pemagangan luar negeri.

Hingga Juni 2023, jumlah peserta magang yang telah terealisasi sebanyak 15.031 peserta, dengan jumlah peserta pemagangan aktif di Jepang sebesar 39 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, lebih dari delapan ribu alumni telah mendirikan usaha mandiri, mulai dari skala kecil hingga menengah.

Baca Juga: Sambut HUT Ke-78 TNI, Kodim 1710 Mimika Gelar Turnamen Tari Seka

Pemerintah juga terus memberikan dukungan bagi kewirausahaan, salah satunya dengan menyediakan akses pembiayaan yang mudah dan murah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Usaha Mandiri kepada perwakilan alumni pemagangan senilai Rp100 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat