unescoworldheritagesites.com

Penyerapan Garam Lokal oleh ASN di NTB - News

Kepala Dinas Kelautan Perikanan NTB Muslim, MT (Suara Karya/Ist)

: Penjabat (Pj) Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi mengeluarkan direktif kepada jajarannya terkait dengan penyerapan produk garam lokal. Direktif tersebut muncul setelah dilakan peninjauan ke sentra produk garam di Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim mengatakan, direktif Pj Gubernur yaitu penyerapan garam lokal oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov NTB. Ada wacana, garam lokal akan dipaketkan dengan beras yang biasa didapatkan oleh ASN setiap bulan.

“Kadar NHCL (garam Bima) di atas standar industri. Bagaimana mengatasi permasalahan garam di NTB, makanya kemarin Pj Gubernur memberikan direktif kepada Asisten II dan OPD teknis agar garam menjadi paket pemberian beras. Itu untuk membantu kelanjutan usaha garam oleh pelaku usaha kecil kita,” katanya belum lama ini.

 

Baca Juga: Salah! Ular Ternyata Tidak Takut Garam, dan Ini Cara Ampuh untuk Antisipasi agar Tak Masuk Rumah

Dikatakan, harga garam saat ini kembali murah. Sebab produksi garam di seluruh provinsi yang memproduksi garam sedang melimpah, termasuk di NTB. Membaiknya produksi garam secara umum ditopang oleh cuaca panas yang cocok untuk budidaya garam.

 

Baca Juga: Apa Jenis Ikatan Kimia yang Terjadi Antara Atom Natrium (Na) dan Klorin (Cl) Dalam Pembentukan Garam Natrium

Dikatakan Muslim harga garam saat ini sekitar Rp200-300 per kg dari sebelumnya Rp mencapai Rp3000 per kg. Karena itulah garam yang diproduksi petani dalam daerah akan diserap oleh Pemprov NTB.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Bakal Undang Makan Siang Cawapres, Gibran Mengaku Sudah Dikontak

“Yang perlu dilakukan ke depan adalah bagaimana peningkatan produksi garam ini bisa diimbangi dengan peningkatan kualitas,” tandasnya.

Dikatakan, dulu pemerintah pusat pernah membantu sejumlah kelompok petambak garam dengan memberikan fasilitas berupa geo isolator. Namun banyak masyarakat yang menganggap hal itu kurang bermanfaat.

saat banyak petambak menyadari bahwa kualitas garam yang dihasilkan dari geo isoloator tersebut sangat bagus dan memiliki harga yang tinggi, kini banyak petani garam yang berminat memproduksi garam dengan bantuan teknologi itu.

“Ada yang mandiri dan ada juga yang mendapat bantuan. Yang mandiri ini mereka membelinya di Surabaya,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat