unescoworldheritagesites.com

Bersinergi Tingkatkan Transaksi Ekspor, Bank Jatim dan LPEI Teken MoU - News

Jajaran Bank Jatim dan LPEI usai penandatanganan MoU

: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) bersinergi dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank untuk ikut membantu memajukan perekonomian daerah dan nasional.

Sinergi ini diwujudkan lewat penandatanganan MoU yabg ditandatangani Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Bank Jatim Edi Masrianto dan Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U Norhadi, pada Kamis (16/112023).

Turut menyaksikan penandatanganan MoU yang digelar di Ruang Semeru bank Jatim Kantor Pusat tersebut diantaranya Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah bankjatim R Arief Wicaksono, dan Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso.

Baca Juga: Relawan Pandawa Lima Siap Menangkan Prabowo-Gibran Pilpres 2024: Nomor Urut 2 Hadirkan Pemilu Damai!

Busrul Iman usai penandatanganan MoU menjelaskan bahwa Bank Jatim sudah berkomitmen akan terus mewujudkan kemajuan ekonomi, termasuk dalam mendorong peningkatan ekspor.

MoU yang dijalin antara Bank Jatim dengan LPEI terkait Layanan Jasa Keuangan ini, kata Busrul, diharapkan dapat menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi baik di Jawa Timur maupun Indonesia.

”Pada intinya, kami akan terus memperkuat sinergi dengan LPEI untuk mendorong pemanfaatan transaksi keuangan demi mendukung kegiatan ekspor,” ujarnya.

Baca Juga: Menko PMK: Zakat Mekanisme untuk Ciptakan Pemerataan Ekonomi

Busrul memaparkan, ruang lingkup kerja sama antara Bank Jatim dengan LPEI cukup luas. Mulai dari funding, lending, hingga layanan jasa keuangan.

Untuk funding, hal-hal yang dikerjasamakan antara lain cash management service untuk pengelolaan devisa hasil ekspor debitur-debitur LPEI, pelayanan pembukaan rekening bagi eksportir kelolaan LPEI, pengelolaan dana operasional bagi eksportir kelolaan LPEI, potensi layanan Jatim Prioritas bagi eksportir kelolaan LPEI (sesuai dengan ketentuan), dan simpanan berjangka dalam bentuk rupiah serta valuta asing.

Kemudian di sisi lending, kerja samanya mencakup layanan pembiayaan bersama (co-financing) modal kerja dan inevstasi bagi eksportir kelolaan LPEI atau bankjatim. Terakhir, layanan jasa keuangan yang di dalamnya ada potensi transaksi trade finance (L/C, SKBDN, remmitance).

Baca Juga: Dua BUMD Utama Pemprov DKI Jakarta ini Jalin Kerja Sama untuk Mudahkan Pengelolaan Pembayaran Pedagang Pasar

"Kerja sama ini turut menjadi bagian dalam pengembangan bisnis Bank Jatim dan sekaligus mendorong pengembangan bisnis LPEI ke depan,” ujar Busrul.

Menurut dia, peningkatan ekspor memang harus terus diupayakan secara konsisten oleh seluruh stakeholders. Karena dengan surplusnya neraca perdagangan akan memutar roda perekonomian serta ikut mendorong penciptaan lapangan pekerjaan ketika ada peningkatan permintaan barang dan jasa.

Sementara, Riyani Tirtoso dalam kesempatan itu menyatakan bahwa kerja sama dengan Bank Jatim ini merupakan langkah strategis yang akan membantu LPEI dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah yang merupakan para eksportir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat