unescoworldheritagesites.com

Gebyar Ekspor Jatim Berdaya 2023, Bank Jatim Dorong Pengembangan Ekspor - News

Bank Jatim bersama Pemprov Jawa Timur dalam Gebyar Ekspor Jatim Berdaya 2023

: Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mewujudkan komitmennya untuk nengembangkan bisnis ekspor Jawa Timur dalam acara Gebyar Ekspor Jatim Berdaya 2023.

Di ajang yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur ini, Bank Jatim melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terkait beberapa hal.

Acara di Graha Samudera Bumimoro Surabaya pada Rabu (22/11/2023) ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Edi Masrianto, Direktur Operasi Arif Suhirman, serta SEVP Korporasi, Sindikasi, dan Kelembagaan Bank Jatim Koerniawan Prijambodo.

Baca Juga: Buka Mukernas, LaNyalla Ajak Wahdah Islamiyah Perjuangkan Pancasila Sebagai Falsafah Dasar Negara Seutuhnya

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan LPEI ini terkait pengembangan komunitas ekspor, penjaminan kredit, dan program pembiayaan bersama (co-financing).

Pada saat bersamaan, Gubernur Jawa Timur bersama dengan Dirut Bank Jatim juga meresmikan Desa Pendulum Devisa binaan Bank Jatim dari Probolinggo. IKM ekspor binaan bernama CV Dua Putri Sholehah juga mendapatkan penghargaan dari sebagai IKM Ekspor Produk Inovatif.

Menurut Busrul, Jawa Timur menjadi salah satu barometer perekonomian nasional dengan kontribusi sebesar 14,60% terhadap PDB Indonesia dan 25,56% terhadap PDRB Pulau Jawa.

Baca Juga: KPK Berjanji Tetap Solid Jalankan Tugas Pemberantasan Korupsi Kendati Firli Bahuri Berstatus Tersangka

Hal ini menjadikan Jawa Timur sebagai sentra ekonomi terbesar kedua di tingkat nasional. Melihat fakta tersebut, Bank Jatim sebagai Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur mengemban tugas dan tanggung jawab moral untuk turut serta dalam pembangunan daerah Jawa Timur.

"Kami hadir untuk selalu mendukung program Pemprov Jawa Timur, termasuk pada pengembangan ekspor IKM/UKM Jawa Timur,” ujarnya.

Busrul menyebut, bentuk program nyata Bank Jatim dalam mendukung ekspor IKM/UKM adalah dari hulu hingga hilir yaitu melalui Desa Pendulum Devisa dan J-Export and Trade Assistance/JXTA.

Baca Juga: Renovasi Permukiman Tanah Tinggi, Pj Gubernur Heru Inginkan Warga Hidup di Rumah Layak Huni

Wujud supportnya mulai dari segi pembiayaan, pendampingan dan asistensi, hingga membantu perluasan akses pasar IKM/UKM binaan melalui business matching.

Sehingga, potensi untuk menciptakan transaksi ekspor melalui eksportir-eksportir baru ataupun peningkatan portofolio dan ekspansi market bisa terbuka lebar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat