unescoworldheritagesites.com

Semua Ruas Tol Cijago Sudah Tersambung, Akses ke Bandara Hanya 15 Menit - News

Gerbang tol Limo Utama (Ist)

: Semua ruas Tol Cijago kini sudah tersambung dan akses ke Bandara hanya 15 menit. Pada Jumat (22/12/2023) pukul 00.00 WIB, tol Cijago ruas seksi 3B pintu tol Limo Utama mulai dibuka sehingga pengguna tol sudah bisa melaluinya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) telah menyelesaikan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km secara penuh.

Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road 2 /JORR 2). Keberadaan Jalan Tol Cijago diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek.

"Tahap terakhir konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 Km sudah selesai dilaksanakan. Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere sudah dinyatakan lulus Uji Laik Fungsi dan sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta SK Operasi dari Kementrian PUPR pada tanggal 2 Oktober 2023 lalu," kata Dirut TLKJ (pengelola tol Cijago) Hilman Muchsin ditemui di pintu Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere di Gerbang Tol Limo Utama, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga: Panglima TNI Mendampingi Presiden RI Groundbreaking Kodim IKN

Dengan selesainya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung termasuk tersambungnya Tol Serpong-Cinere Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jaringan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol lainnya.

"Jalan Tol Cijago terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Junction Cimanggis. Selanjutnya di sisi barat terhubung dengan Jalan Tol Depok – Antasari menuju ke Blok M ataupun Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran, dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng," jelas Hilman Muchsin..

Kementerian PUPR telah mengoperasikan secara penuh Tol Cijago ruas Limo-Krukut yang juga tersambung ke Jalan Tol Serpong – Cinere pada Hari Jumat (22/12/2023), pukul 00.00 WIB.

Baca Juga: Sekda Kota Depok Supian Suri Meninjau Kesiapan Peresmian Tol Cijago - Sercin September Mendatang

Berikut data-data Jalan Tol Cijago :
1. Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km, Beroperasi Februari tahun 2012.
2. Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km, Beroperasi Januari tahun 2020.
3. Seksi 3A ( Kukusan – JC Krukut ) Sepanjang 3,25 km, Beroperasi Desember 2022
4. Seksi 3B ( JC Krukut – Limo ) Sepanjang 2,19 km. Beroperasi Desember 2023.

"Total Panjang keseluruhan Ruas Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km
Namun, untuk tarif Tol Cijago saat dibuka penuh melayani mobilitas libur Nataru 2023 masih diberlakukan dengan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai waktu yang akan ditentukan kemudian," kata Hilman Muchsin.

Sementara Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Indra Gunawan yang juga turut hadir di lokasi mengakui pencapaian pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Cinere berjalan baik berkat dukungan masyarakat.

“Proses pembebasan lahan Jalan Tol Cijago, terutama pada Seksi 3B Junction Krukut-Cinere yang memiliki panjang 2,19 km memang bukan tugas yang mudah. Namun, melalui kolaborasi antara pemerintah, BPN, dan masyarakat, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik,” jelas Indra Gunawan.

Indra Gunawan menyebut bahwa perluasan jaringan jalan tol ini akan memberikan dampak positif secara luas, tidak hanya dalam hal perjalanan yang lebih efisien tetapi juga dalam meningkatkan konektivitas antara berbagai wilayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat