unescoworldheritagesites.com

Libur Nataru, Ruas Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional Sejauh 13 Km Mulai Pukul 6 Pagi Hingga 5 Sore - News

Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin memaparkan fungsional ruas Tol Jogja Solo sejauh 13 Km saat Natarru (Endang Kusumastuti)

: Ruas Tol Jogja Solo bakal dibuka fungsional selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), yakni mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. PT Jasamarga Jogja Solo (PT JMT) bakal membuka secara fungsional ruas Tol Jogja Solo sepanjang 13 km dari pintu Tol Banyudono hingga pintu Tol Karanganom Klaten. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Nanti pintu tol Colomadu saat fungsional untuk exit kita buka sedangkan entrance kita tutup. Sebenarnya bukan ditutup tapi dialihkan ke entrance pintu.tol Banyudono. Entrance Colomadu akan kita alihkan ke Banyudono," jelas Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin, di sela-sela menghadiri apel kesiapan Nataru di Kantor PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Kota Solo, Senin (18/12/2023).

Untuk ruas antara Colomadu dan Banyudono kendaraan boleh dua arus. Tetapi, di ruas fungsional pintu tol Colomadu hingga ke pintu tol Karanganom hanya satu jalur saja atau one way.

Baca Juga: Kehadirannya di Silatnas Desa Bersatu Disorot, Gibran Tunggu Keputusan Bawaslu

"One way itu untuk satu jalur,  asumsi saat arus mudik ke arah Yogyakarta jadi sekitar tanggal 22 Desember sampai tanggal 31 Desember.  Karena prediksi ke jogja sangat banyak," jelasnya lagi.

Setelah tanggal 31 Desember diberlakukan satu arus dari arah Yogyakarta masuk melalui pintu tol Karanganom dan keluar melalui pintu tol Colomadu atau Banyudono.

Hanya kendaraan golongan I yang masuk dari exit tol Colomadu diperbolehkan melintas di jembatan Kartasura dan langsung melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Sementara untuk kendaraan golongan II ke atas akan diarahkan ke kiri menuju jalan arteri Kartasura atau Boyolali.

Baca Juga: PT JSN Memprediksi Puncak Arus Mudik Natal di Tol Solo Ngawi Terjadi Tanggal 23 Desember

"Selama dibuka fungsional, masih gratis. Boleh lewat monggo sejauh 13 km, sudah rigid pavement kalau dulu kan masih ada LC (lean concrete)," katanya.

Untuk penerangan, Ahdal mengatakan belum terpasang sehingga pihak PT JMJ hanya mengoperaikan mulai jam 06.00 hingga 17.00 WIB. Jumlah kendataan yang lewat ruas Tol Jogja Solo saat libur Nataru diperkirakan sebanyak 20.000 an kendaraan.

"Kalau dari PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memprediksi ada 41.000 an kendataan maka kami sekitar 50 persennya atau ekitar 20.000 an kendaraan.  Ini perhitungan kasarnya karena belum ada data tahun lalu," katanya lagi.

Baca Juga: Sido Muncul Yakinkan Dokter, Jamu Andalan Masa Depan Obat Dunia: Irwan Hidayat Gelar Simposium FK Unsoed

Sementara itu Dirut PT JSN,  Mery Natacha Panjaitan, pada kesempatan yang sama mengatakan dengan beroperasinya ruas Jogja  Solo secara fungsional, pihaknya sudah mengantisipasi adanya peningkatan jumlah lalu lintas yang akan melintas pintu tol  Colomadu. 

Pihaknya bersama dengan pihak ruas Jogja  Solo sudah jauh hari melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, yaitu: pihak Polres Boyolali, Unit 7 PJR Satuan Ditlantas Polda Jateng dan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali. 

"Semua itu demi keamanan, kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan ketika keluar maupun memasuki pintu tol  Colomadu ke atau dari jalur fungsional," kata Mery. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat