unescoworldheritagesites.com

Arus Mudik Nataru, 107.321 Kendaraan Melalui Jalan Tol Solo Yogyakarta - News

Kendaraan yang melewati Tol Solo Jogja yang dibuka fungsional selama Nataru (Istimewa)

: Sebanyak 107.321 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) segmen Kartasura sampai Karanganom, selama 10 hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat jumlah tersebut mulai tanggal 22-31 Desember 2023 yang beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan atau Kartasura serta menuju Klaten dan atau Yogyakarta.

"Jumlah tersebut terdiri dari 58.736 kendaraan tujuan Klaten atau Yogyakarta. Sebanyak 44.575 kendaraan yang menuju Jalan Tol Trans Jawa lewat GT Banyudono, serta sebanyak 4.001 kendaraan yang keluar tol melalui GT Banyudono dari GT Colomadu," jelas Direktur Utama PT JMJ Suchandra Hutabarat, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: Kerja Keras dan Berkinerja Baik, 78 Anggota Polresta Bandara Soetta Diberikan Kenaikan Pangkat

Volume lalu lintas tertinggi tercatat pada Minggu, 24 Desember 2023, dengan total 12.517 kendaraan dengan peningkatan tertinggi ke arah Jogja sebanyak 7.966 kendaraan. 

"Selama jalur fungsional dibuka untuk arus mudik, kondisi terpantau aman, terkendali," katanya.

Sementara itu mulai tanggal 1 Januari 2024 hingga Rabu tanggal 3 Januari 2024, PT JMJ masih memantau arus balik kendaraan yang melewati Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo. Jalur ini difungsikan satu arah dari Jogja ke Solo hingga besok.

Baca Juga: Kerja Keras dan Berkinerja Baik, 78 Anggota Polresta Bandara Soetta Diberikan Kenaikan Pangkat

Menurut Suchandra, pada periode tanggal 1-3 Januari 2024, mulai pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono. 

"Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu,’’ katanya lagi.

Dibukanya Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo tersebut dinilai berhasil mengurai kepadatan yang terjadi di Tugu Kartasura, Pasar Delanggu. Selain itu juga mengurangi antrean di traffic light  sejak dari keluar GT Colomadu menuju Tugu Kartasura sampai dengan Karanganom. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat