unescoworldheritagesites.com

Nataru Commuter Line Solo Jogja Ditambah Jadi 30 Perjalanan, Cek Jadwalnya - News

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba (Endang Kusumastuti)

 

:   Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), KRL Commuter Line Solo-Yogyakarta dioperasikan sebanyak 30 perjalanan mulai tanggal 21 Desember hingga 3 Januari.  

Untuk keberangkatan Commuter Line terakhir dari Solo juga menjadi jam 21.00 WIB sedangkan dari Yogyakarta pukul 22.00 WIB. Pada hari biasa, perjalanan Commuter Line hanya 20 perjalanan setiap weekday dan 24 perjalanan tiap weekend.

"Kita melakukan rekayasa pola operasi di mana kita mendapat informasi diperkirakan ada 800 ribu sampai 1 juta pengunjung akan mengunjungi  Solo dan Jogja," jelas  VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, di Stasiun Solo Balapan, Koa Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Akan Menjadi Sorotan pada Januari 2024, Comeback Aktor Papan Atas dan Cerita yang Memikat

Selain itu juga melihat traffic dari kereta api (KA) jarak jauh dan KA Bandara  yang juga meningkat jumlah penumpangnya.  Menurut Anne, penambahan perjalanan dan jadwal terakhir commuter line itu dilakukan agar  tetap terkoneksi dengan KA jarak jauh.

"Ini bisa jadi pilihan ketika pengunjung ke Jogja  bisa  tetap bisa melanjutkan ke Solo kalau tidak mendapatkan tiket langsung di Solo," jelasnya lagi.

Pihaknya memprediksi puncak kepadatan penumpang terjadi pada tanggal 26 Desember dan 31 Desember. Karena pada tanggal 2 Januari, sudah mulai masuk kerja dan tanggal 3 Januari sudah mulai masuk sekolah.

Baca Juga: 3 Drama Korea dengan Karakter Buaya Darat, Plot Penuh Intrik dan Kisah Menarik yang Populer di Kalangan Penggemar!

"Pada tanggal 26 nanti diprediksi junlah penumpang lebih dari 20 ribu orang untuk Jogja dan Solo. Pada libur Lebaran lalu dengan cuti bersama yang cukup panjang, jumlah penumpang bisa mencapai 35 ribu, kali ini prediksinya 28 ribu hingga 30 ribu untuk puncaknya," katanya. 

Diprediksi jumlah pengguna Commuter Line Solo-Jogja pada Nataru tahun ini adalah 365 ribu  atau 11 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya di angka 330 ribu orang.

Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya. Diprediksi mobilisasi pengguna pada Nataru tahun ini sebesar 50 ribu orang, atau naik 17 persen jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42 ribu orang.

Baca Juga: Profil dan Biodata Pemain Drama Korea Gyeongseong Creature, Mengenal Lebih Dekat Para Bintang Utama!

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line dan Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

"Mengingat saat ini kasus Covid juga mulai muncul lagi, maka kami mengimbau tetap mengenakan masker bagi yang merasa flu dan batuk. Serta mengaktifkan wastafel untuk cuci tangan," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat