unescoworldheritagesites.com

Selama Arus Lebaran, Jalur Fungsional Tol Solo- Yogyakarta Dilewati 76 Ribu Kendaraan - News

Antrean mobil di pintu tol solo yogyakarta (Istimewa)

: Sebanyak 76.518 kendaraan melintasi jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta segmen Kartasura - Sawit pada arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Jalur fungsional Tol Solo Yogyakarta tersebut dibuka sejak tanggal 15 April hingga 1 Mei 2023. PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) mencatat 34.798 kendaraan melintas pada periode arus mudik yaitu pada tanggal 15-24 April 2023. 

Sedangkan saat arus balik tercatat sebanyak 41.720 kendaraan pada tanggal 25 April-1 Mei 2023.

Baca Juga: Tegas, Pemkot Solo Tindak Jukir Liar di Masjid Zayed

"Total jumlah kendaraan yang melintasi jalur fungsional sepanjang 6 Km selama 17 hari tersebut sebanyak 76.518 kendaraan," jelae Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat, Selasa (2/5/2023).

Jalur fungsional tersebut dioperasikan tanpa tarif  pukul 06.00 - 17.00 WIB atas diskresi Kepolisian dengan rute Kartasura menuju Sawit pada arus mudik dan rute sebaliknya yaitu Sawit menuju Kartasura pada arus balik.

Lebih lanjut,Suchandra mengatakan dari total kendaraan yang melewati jalur fungsional segmen Kartasura – Sawit dengan lonjakan pemudik terbanyak adalah tanggal 23 April 2023.

Baca Juga: Wisatawan Asing Ditargetkan Naik, Gibran Sebut Penerbangan Internasional ke Solo Bakal Dibuka Lagi

"Yaitu sebanyak 6.279 kendaraan yang melintas pada arus mudik," jelasnya lagi.

Selama  pengoperasian secara fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta, telah berhasil mengurai penumpukan kendaraan di beberapa titik. 

"Yakni wilayah yang kerap terjadi kemacetan dan kepadatan di jalan nasional Solo-Yogyakarta, terutama pada periode Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya adalah di perlintasan Tugu Kartasura," katanya.

Baca Juga: May Day 2023, BPJAMSOSTEK Juanda Gelar Berbagai Kegiatan

Pada arus balik jalur funngsional tersebut dapat mempersingkat perjalanan pemudik yang ingin kembali ke Jabotabek dan sekitarnya. Karena jalur tersebut dapat langsung terhubung dengan gerbang Tol Colomadu untuk melanjutkan perjalanan. 

"Jalur fungsional ini juga menjadi jalur alternatif masyarakat yang akan menuju Bandara Adi Sumarmo melalui Gerbang Tol Colomadu, maupun masyarakat yang akan menuju Boyolali dan Klaten saat keluar dari Jalan Tol Trans Jawa," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat