unescoworldheritagesites.com

NTB Jadi Penyumbang Pergerakan Wisatawan Nusantara Tertinggi Nasional - News

Obyek wisata pemandian Sesaot, Lombok Barat, NTBungan (Suara Karya/Hernawardi)

: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, pada Oktober 2023, Provinsi NTB menjadi provinsi penyumbang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tertinggi secara nasional.

Menurutnya, Provinsi NTB yang menjadi daerah penyumbang pergerakan wisnus tertinggi, baik dari asal maupun tujuan wisnus. Yakni sebesar 301,64 persen untuk asal dan 379,34 persen untuk tujuan wisnus dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (YoY).

“Hal ini karena adanya kegiatan MotoGP sebagai event berkualitas yang terbukti dapat meningkatkan pergerakan wisatawan,” kata Sandiaga akhir Desember 2023 lalu.

Baca Juga: Tabrakan Perahu Pengakut Wisatawan Tiga Gili Lombok, Juru Mudi Perahu Ditemukan Meninggal

Ia menandaskan, secara umum berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Oktober 2023 di Indonesia mencapai 978 ribu kunjungan.

Baca Juga: Piala Dunia U-17, Kampung Batik Kauman dan Pejabat Diserbu Laweyan dan Wisatawan

Secara kumulatif jumlah kunjungan Wisman pada bulan Januari hingga Oktober 2023 telah mencapai 9,9 juta atau meningkat 124,30 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (Year on Year).

Baca Juga: Pantai Kuyon Dan Lembah Watu Pawon Di Kabupaten Trenggalek Menjadi Viral Dan Para Wisatawan Terpesona

Jumlah tersebut telah melampaui 111,67 persen dari target batas atas kunjungan wisman yang telah ditetapkan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat