unescoworldheritagesites.com

Langkah Inovatif Mengoptimalkan Operasi Kepelabuhan, Pelindo Solusi Digital menghadirkan PRAYA - News

Pelindo Solusi Digital menghadirkan PRAYA sebagai produk Single Billing (Ist)

:  Standardisasi pelayanan di terminal peti kemas kini semakin optimal dengan langkah Pelindo Solusi Digital menghadirkan PRAYA sebagai produk Single Billing.

Pelindo Solusi Digital sebagai IT Provider Pelabuhan menjelaskan, PRAYA (Billing & ePayment System) merupakan aplikasi untuk menangani aktivitas permintaan layanan, pembayaran dan nota pada pelayanan kapal, petikemas, dan non petikemas yang terintegrasi dengan sistem operasi dan sistem perbankan.

“Solusi digital seperti PRAYA yang dibawa oleh Pelindo Solusi Digital merupakan langkah inovatif dalam mengoptimalkan operasi kepelabuhanan. Sistem ini terintegrasi dalam bentuk mobile dan aplikasi web, memberikan kemampuan untuk Pelayanan Terpadu, Real-time Monitoring, dan Kemudahan Akses melalui Mobile dan Aplikasi Web yang dilengkapi dengan notifikasi untuk pengguna,” kata Ganda Pradita, Head of Business Development & Corporate Secretary PT ILCS, di Jakarta.

Baca Juga: MALEO, Langkah Maju Pelindo Solusi Digital Mendukung Efisiensi Operasional di Terminal Pelabuhan

Menurut Ganda Pradita, PRAYA sebagai platform tunggal memiliki sejumlah keunggulan dalam penyediaan solusi digital di pelabuhan.

  1. Implementasi Multi-situs/Multi-penyewa: Kemampuan untuk diimplementasikan di berbagai lokasi atau pelabuhan yang berbeda dengan berbagai pihak yang menggunakan layanan tersebut. Hal ini memungkinkan adaptasi yang luas dalam konteks berbagai infrastruktur dan skenario penggunaan yang berbeda.
  2. Penanganan Proses Logistik End-to-End: Mulai dari pemilik kargo hingga melacak pergerakan kargo di terminal, menawarkan visibilitas lengkap dan pemantauan keseluruhan proses logistik. Dengan demikian, dapat mempermudah koordinasi dan pengawasan dari awal hingga akhir dalam rantai pasok.
  3. Akses Fleksibel dan Efektif: Ketersediaan akses di mana saja dan kapan saja memberikan kemudahan bagi pengguna layanan. Mereka tidak perlu secara fisik pergi ke situs penagihan atau lokasi tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi permintaan layanan.

“Dengan fokus pada integrasi, visibilitas, dan kemudahan akses, PRAYA memiliki potensi untuk mengoptimalkan operasi logistik di pelabuhan, meminimalkan hambatan, dan meningkatkan keterlibatan lintas platform bagi berbagai pemangku kepentingan dalam rantai pasok logistik. Fitur-fitur yang disediakan oleh PRAYA memperkuat fungsionalitas platformnya dalam menangani berbagai aspek logistik di pelabuhan,” kata Ganda Pradita, Rabu.

Baca Juga: Dukung Percepatan Layanan dan Efisiensi Transaksi Pelabuhan, Pelindo Solusi Digital siapkan Parama sebagai Solusi Portal Pelanggan

Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing fitur:

  1. Order Management

Melakukan permintaan layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi pelabuhan.

  1. Tarif Configuration

Konfigurasi terhadap tarif yang dapat dilakukan langsung oleh end user dengan mengakomodir banyak parameter.

  1. ePayment (H2H & Autocollection)

Menyediakan beberapa channel atau metode pembayaran secara elektronik yang terintegrasi dengan perbankan

  1. Terminal Configuration

Melakukan konfigurasi terminal sesuai dengan layanan yang diberikan

  1. Track & Trace

Tracking posisi layanan secara end to end

Baca Juga: Gangguan Teratasi, Sistem Layanan Pelindo Kembali Normal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat