unescoworldheritagesites.com

Pengurangan Emisi, PLN Nusantara Power Siap Gandeng Perusahaan Dalam dan Luar Negeri - News

Melalui optimalisasi PLTGU Muara Karang, PLN Nusantara Power berhasil mencatatkan hampir 1 juta karbon di lantai bursa

: PLN Nusantara Power menjadi penyedia bursa karbon terbesar di Indonesia sejak Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo September 2023 lalu.

PLN Nusantara Power menyediakan hampir 1 juta karbon yang diperdagangkan di Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon). Upaya ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap Net Zero Emission di tahun 2060 melalui perdagangan karbon.

Menurut Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah, langkah ini menjadi kontribusi besar mereka dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan menjadi peserta utama dalam perdagangan karbon global.

Baca Juga: Jamur Aspergillus wentii Berperan dalam Pembuatan?

Pada perdagangan karbon hingga Jumat (23/2/2024) lalu, beberapa perusahaan telah melaksanakan perdagangan trading dengan PLN Nusantara Power. Perusahaan tersebut adalah BJB, MNC Sekuritas, Bank Danamon, OCBC NISP, dan Jawa Power.

"Lewat perdagangan karbon yang kami sumbangkan menjadi milestone penting bagi komitmen dekarbonisasi Indonesia menuju Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat. Kami berharap semakin banyak perusahaan lain yang ikut tergerak dan berpartisipasi pada aksi ini," ujar Ruly.

Seperti diketahui, IDXCarbon yang telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui skema ini, PT PLN (Persero) melalui PLN Nusantara Power menjadi trader terbesar di bursa karbon Indonesia dengan membuka setara hampir 1 juta ton CO2.

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis Dibahas di Istana, Begini Respon Gibran

Hal ini merupakan bagian langkah PLN mendukung pemerintah dalam penurunan emisi dan mengakselerasi transisi energi.

IDXCarbon juga terhubung dengan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), administrasi dan perpindahan unit karbon menjadi lebih mudah dan menghindari double counting.

Tidak hanya terdaftar di bursa, PLN NP juga melakukan perdagangan karbon secara langsung dengan melingkupi 3 dari 4 aspek perdagangan karbon, yaitu perdagangan emisi secara langsung, offset emisi secara langsung, dan perdagangan offset melalui bursa.

Baca Juga: Golkar Klarifikasi Terkait Mandat Saksi di TPS ki yang Melibatkan TKK Pemkot Bekasi

"Melalui Sertifikat Pengurangan Emisi (SPE) terbesar di Indonesia, kami siap berkolaborasi dengan perusahaan dalam dan luar negeri untuk mengurangi emisi CO2," ujar Ruly.

Lebih lanjut Ruly mengungkapkan, bahwa unit pembangkit berbahan bakar gas pertama di Indonesia, pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 3 Muara Karang akan memimpin langkah pembangkit PLN masuk ke bursa karbon. PLTGU ini telah memiliki SPE gas rumah kaca (GRK) dari Kementerian LHK dan tercatat berhasil menurunkan karbon dioksida setara hampir 1 juta ton di tahun 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat