unescoworldheritagesites.com

Ribuan Pemotor Pemudik Balik Gratis dengan Kapal Laut dari Semarang ke Jakarta - News

Ribuan pemotor berikut kendaraannya balik dari Semarang ke Jakarta menggunakan kapal laut.

: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) melepas peserta arus balik mudik gratis dengan kapal laut voyage perdana yang mengangkut 1.705 orang penumpang dan 663 unit sepeda motor, dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Pelepasan kapal dilakukan oleh Direktur Jenderal Hubla diwakili Kasubdit Sistem Informasi, Sarana dan Prasarana Angkutan Laut, Kurniawan SE MSi, didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Semarang yang diwakili oleh Capt Ferry Akbar.

Keberangkatan kapal ditandai dengan pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Kepala KSOP Tanjung Emas, Semarang yang diwakili Capt Ferry Akbar kepada Nakhoda KM Dobonsolo.

Baca Juga: Mudik Gratis, Wamenaker Lepas Keberangkatan 767 Mitra Usaha Warmindo

"Sebanyak 1.705  orang penumpang peserta mudik gratis dengan kapal, terdiri dari  1.281  penumpang dewasa, 284 anak-anak dan 140 balita serta 663 unit sepeda motor diberangkatkan dengan kapal penumpang KM. Dobonsolo, dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta” kata Kurniawan usai melepas kapal arus balik mudik gratis voyage perdana di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (13/4/2024).

Acara  pelepasan ini dihadiri oleh stakeholder terkait seperti PT Pelni (Persero) Cabang Semarang, PT Pelindo (Persero) Cabang Semarang, para pejabat dan perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, serta peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut KM Dobonsolo.

Pada tahun 2024 Ditjen Hubla menyediakan 4 (empat) kali keberangkatan (voyage) peserta arus mudik gratis yang menggunakan sepeda motor dengan kapal, dengan total kuota sebanyak 9.600 penumpang dan 4.800 sepeda motor.

Baca Juga: Mudik Gratis di Jatim, BPJS Ketenagakerjaan Andil Bus dan Lindungi Seluruh Awak Bus

“Alhamdulillah hingga hari ini, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut mendapat respon sangat positif dari masyarakat. Hal ini tentunya sangat membantu masyarakat guna menghindari risiko kecelakaan di jalan raya, sambil memberikan kesempatan kepada pemudik untuk istirahat di dalam kapal,”kata Kurniawan.

Kurniawan menjelaskan bahwa pelayaran dari Semarang ke Jakarta dengan kapal KM. Dobonsolo akan menempuh waktu sekitar selama 14 jam.

"Tadi KM Dobonsolo diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pukul 16.00 WIB sehingga diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Semarang sekitar pukul 06.00 WIB di keesokan harinya," jelasnya.

Menurut Kurniawan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2024 ini, yaitu “Mudik Ceria, Penuh Makna".

Baca Juga: KemenPUPR Gelar Mudik Gratis Bersama Korpri PUPR

Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayaran serta menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat