unescoworldheritagesites.com

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Terlampaui Aman dan Terkendali - News

Puncak arus balik Lebaran 2024 terlampaui aman dan terkendali.

:  Puncak arus balik Lebaran tahun 2024 sudah terlampaui aman dan terkendali. Setidaknya  sekitar pukul 10.00 WIB Selasa (16/4/2024). Hal itu dikemukakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Aan Suhanan, Selasa (16/4/2024).

"Untuk puncak arus balik Lebaran tahun 2024 ini terjadi pada tadi malam sampai tadi pagi jam 06.00 WIB," kata Aan Suhanan, Selasa (16/4/2024).

Aan memperkirakan masih ada sekitar 30 persen pemudik masih belum balik ke Jakarta hingga Selasa pagi. "Yang belum kembali ke Jakarta tersisa sekitar 30 persen lebih, baik itu di empat gardu maupun di Km 66 yang menjadi titik krusial," tuturnya.

Dia berharap, jumlah pemudik yang belum kembali bisa terbagi dalam dua hari ini. Sebab, dalam dua hari ini pemerintah masih memberikan ASN waktu untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH) dan diskon tarif tol.

Baca Juga: Pertamina Jamin Ketersediaan BBM dan LPG Selama Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Aman

"Angka tersebut kalau kita bagi dua pelaksanaan WFH hari ini dan besok berarti masing-masing tersisa 15 persen. Dengan angka yang kecil tersebut kita masih bisa melayani para pemudik yang akan balik dengan tidak melakukan rekayasa lalu lintas. Artinya dengan cara bertindak cara bertindak yang reguler," katanya.

Aan memastikan pihaknya siap membuat rekayasa lalu lintas jika memang kembali terjadi kepadatan di jalan tol.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan langkah antisipatif guna menghadapi puncak arus balik pada H+4 Lebaran serta hari setelahnya di Jalan Tol Cikampek.  Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi,  sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan, di antaranya dengan rekayasa contraflow 3 lajur.

Selain itu, dilakukan pengalihan ke jalur Jakarta-Cikampek 2 Selatan maksimal 500 kendaraan per jam pada siang dan malam hari. Peningkatan keselamatan lajur contraflow juga akan ditingkatkan dengan himbauan kepada pengguna jalan terkait penggunaan lajur Contraflow dan tidak berhenti di bahu jalan.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H / 2024

“Pada puncak arus balik di mana diperhitungkan ada kenaikan dari hari sebelumnya, menjadi paling tidak 190.000 kendaraan yang akan melintas di tol Cikampek dalam 1 hari. Kami telah membuat langkah antisipatif guna menghadapinya," tuturnya.

Budi menambahkan, tak hanya rekayasa lalu lintas, penyebaran waktu pada arus balik juga perlu dilakukan agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu tertentu dan ruas tertentu. Oleh karena itu, Menhub kembali mengingatkan agar masyarakat yang bisa menunda waktu pulangnya agar dapat menunda terlebih dahulu waktu kepulangannya.

"Oleh karenanya masyarakat juga harus mendukung dengan partisipasi masing-masing kondisi. Kalau bisa WFH atau tunda pulang, ditunda dulu. Bagi ASN, keputusan Presiden untuk memberikan toleransi WFH bagi ASN tolong dimanfaatkan. Harapannya kepadatan jalan tidak maksimal," jelasnya.

Sementara Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan secara umum mudik kali ini berjalan lancar. Salah satunya dilihat dari menurunnya angka kecelakaan. "Secara umum capaian angkutan Lebaran kali ini sudahh sangat baik.Terutama dari sisi angka kecelakaan. Dibanding tahun lalu, rata-rata angka kecelakaan, jumlah korban meninggal, dan jumlah santunan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kita memang mengutamakan keselamatan, harus zero accident," ujar Menko Muhadjir.

Baca Juga: Arus Balik, KAI Commuter Wilayah 8 Siapkan Antisipasi Penerapan Kebijakan WFH dan WFO

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat