unescoworldheritagesites.com

Puncak Arus Balik, 28.186 Penumpang KA Berangkat dari Daop 6 Yogyakarta - News

Puncak arus balik KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta terjadi Minggu (14/4/2024) (Istimewa)

: Puncak arus balik Lebaran 2024 di Daop 6 Yogyakarta terjadi di hari Minggu (14/4/2024). Pada hari tersebut jumlah pelanggan kereta api jarak jauh yang naik atau berangkat dari stasiun Daop 6 Yogyakarta mencapai 28.186 orang. 

Jumlah tersebut merupakan jumlah keberangkatan tertinggi pada masa Angkutan Lebaran 2024 yang dimulai 31 Maret  hingga 21 April 2024. Puncak arus balik tersebut sesuai dengan prediksi.

"Untuk keberangkatan tertinggi terjadi di Stasiun Yogyakarta yang memberangkatkan 11.106 pelanggan, disusul Stasiun Solo Balapan dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 5.461 pelanggan," jelas Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Senin (15/4/2024).

Baca Juga: Peduli Kepada Petugas Penjaga Perlintasan Rel Kereta Api, Ketua Umum KADIN DKI Diana Dewi Bagikan 200 Paket Sembako

Sedangkan di Stasiun Lempuyangan jumlah pelanggan KA jarak jauh yang diberangkatkan sebanyak  3.882 pelanggan, dan Stasiun Klaten yang memberangkatkan 3.163 pelanggan.

"Untuk jumlah keberangkatan pada hari Senin (15/4/2024) ini diperkirakan jumlahnya masih tinggi berada di kisaran 23 ribuan," jelasnya lagi.

Sementara itu, untuk jumlah kedatangan pelanggan KA, pada  hari Minggu (14/4/2024), justru menunjukkan lonjakan signifikan. Yakni mencapai 30.305 pelanggan. Ini merupakan jumlah kedatangan tertinggi selama masa Angkutan Lebaran 2024 dan lebih tinggi dari dari jumlah keberangkatan. 

Baca Juga: Menhub Pantau Arus Balik Lebaran dari Jawa Tengah ke Jawa Barat

"Hal ini terjadi karena Kota Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya merupakan daerah tujuan wisata dan pasca Lebaran seperti ini memang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur bersama keluarga," katanya.

Sementara itu untuk tiket KA arus balik Lebaran 2024 sampai saat ini masih ada beberapa KA masih cukup tersedia di tanggal dan relasi tertentu. KA tersebut  diantaranya seperti Argo Lawu Luxury, Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Luxury, Taksaka Luxury, Lodaya, Sancaka, Manahan, Taksaka Tambahan, Lodaya Tambahan, Manahan Tambahan, dan Manahan Tambahan Luxury. 

Daop 6 Yogyakarta mengimbau calon pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiket KA secara berkala melalui Aplikasi Access by KAI. Calon pelanggan juga diharapkan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik agar tidak kehabisan tiket KA, terlebih saat ini permintaan terhadap transportasi KA cukup tinggi. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat