unescoworldheritagesites.com

Operasional SPKLU PLN Rute Jawa - Bali Diapresiasi Pengguna Kendaraan Listrik - News

Pengguna kendaraan listrik saat singgah di SPKLU PLN wilayah UID Jatim

: Ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar terutama di wilayah PLN UID Jatim mendapat apresiasi pemilik kendaraan listrik.

Pengguna kendaraan listrik asal Surabaya, Raymond Hanjaya (46) yang berkendara menuju Bali mengaku tak khawatir kehabisan listrik, karena sudah banyak SPKLU yang dioperasikan PLN di sepanjang jalan.

"Kami mengandalkan SPKLU PLN, yang sepanjang Surabaya - Bali aman semua. Tidak ada yang eror, lancar dan lebih banyak fast chargernya," ujarnya.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali Dijadwalkan Dipanggil dan Diperiksa Jum'at Akhir Pekan Ini

Dari total perjalanan yang dia tempuh mencapai 1.400 km, Raymond menghabiskan biaya untuk charging Rp631.809 atau setara Rp 450/km.

Angka itu jauh lebih irit hingga 70 persen dibandingkan menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak membutuhkan 140 liter dengan biaya Rp2.016.000.

Dia kemudian mengapresiasi SPKLU PLN yang ada di semua titik rest area sepanjang Surabaya Bali. Setiap lokasi sudah dilengkapi lebih dari satu unit mesin dan memiliki fasilitas ruang tunggu sangat nyaman bisa digunakan sebagai tempat istirahat, tersedia pula minuman dan kotak P3K bisa digunakan secara gratis.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato Hari Ini

"Pertama kali kami berhenti di SPKLU PLN UP3 Situbondo berkapasitas 200 kW. Kondisi 50%-an cuma 10 menitan sudah di 91%. Sambil ngecharge bisa istirahat ke toilet dapat minum lobby ber AC dan nyaman," ujarnya.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoya, infrastruktur kelistrikan berupa SPKLU sudah tersedia di berbagai titik baik di Jawa, Bali hingga Sumatera.

"Khusus Jawa Timur terdapat 126 mesin SPKLU di 56 titik lokasi yang selama siaga mudik lebaran dijaga penuh personel selama 24 jam," ujarnya.

Baca Juga: Piala Asia U-23, Menunggu 63 Tahun ...

PLN juga telah menambahkan fitur Trip Planner pada Aplikasi PLN Mobile. Sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik dalam melakukan perjalanan jarak jauh dapat menyiapkan manajemen perjalanan mobil listriknya.

Melalui menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan tujuan. PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut secara otomatis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat