unescoworldheritagesites.com

Gelar Workshop, Tokopedia dan TikTok Dorong UMKM Lokal Jadi Raja di Daerah Sendiri - News

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan saat membuka acara pelatihan dan workshop untuk UMKM Surabaya

: Puluhan pelaku UMKM dari berbagai daerah antusias mengikuti pelatihan dan workshop yang digelar Tokopedia dan TikTok menggelar di Hall Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur.

Surabaya menjadi salah satu kota selain Jogjakarta dan Semarang, yang digarap Tokopedia dan TikTok untuk meningkatkan daya saing dan menjadikan UMKM lokalnya menjadi raja di daerahnya sendiri.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah, mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia dan TikTok yang telah bekerjasama meningkatkan kapasitas pelaku usaha di Jawa Timur.

Baca Juga: Wisuda UMM, Menko PMK Minta Alumni Cari Kesibukan Baru dan Memiliki Watak Inklusif

Melalui acara bertajuk ‘Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok: Selalu Untung lewat Digital’, pihaknya berharap kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan

"Kami berharap, UMKM Jawa Timur dapat memanfaatkan digitalisasi tidak hanya di bidang pemasaran, namun juga sisi produksi, keuangan dan manajerial usaha, agar mereka lebih melek digital dalam pengelolaan usahanya,” ujarnya.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Timur, UMKM menyumbang 58,36% terhadap Produk Domestik Regional (PDRB) provinsi pada tahun 2022.

Baca Juga: Employee Volunteering, BPJS Ketenagakerjaan Malang Berbagi Manfaat di Masjid Fattahillah

Sementara, Kota Surabaya memberikan kontribusi paling besar dalam distribusi nilai tambah koperasi dan UMKM di Jawa Timur, yakni Rp215,3 miliar.

Menurut Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, pihaknya bersama mitra strategis, termasuk pemerintah, akan terus berkomitmen mendukung peningkatan kemampuan berusaha para pelaku UMKM Surabaya dan Jawa Timur

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pelatihan dan workshop. Saat ini, ada sekitar 21 juta penjual, termasuk dari Surabaya dan Jawa Timur, yang telah bergabung di Tokopedia dan Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok.

Baca Juga: Disnakertrans NTB Gelar FGD Penerapan Norma 100 di Perusahaan

"Kami berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital, seperti Tokopedia dan Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok untuk mengembangkan usahanya," ujarnya

Pemilik Usaha Saat Senggang by Utterly Me, Mila Wijaya turut menjadi narasumber pada pelatihan dan workshop UMKM Surabaya ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat