unescoworldheritagesites.com

Budi Karya Sumadi: Kita Butuh Pimpinan Berkarakter demi Masa Depan Transportasi - News

Budi Karya Sumadi menilai Indonesia membutuhkan pemimpin berkarakter demi masa depan transportasi.

: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan diperlukan karakter baru untuk menciptakan pemimpin masa depan di bidang transportasi.

Untuk itu, dibutuhkan pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai kemanusiaan, teknologi, dan digital. Hal tersebut disampaikan Budi Karya Sumadi saat memberikan arahan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jumat (17/5/2024), yang dihadiri civitas akademika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun dan Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

"Kita memerlukan karakter dan dan skill baru untuk menciptakan pemimpin masa depan di bidang transportasi. Karena itu, dibutuhkan pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai kemanusiaan, teknologi, dan digital," katanya.

Baca Juga: Perbaikan Jalur Transportasi Dikebut, BNPB Pastikan 58 Orang Tewas dan 35 Hilang di Bencana Sumbar

Menhub menginstruksikan segera lakukan pembaharuan pada sekolah di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Pembaharuan meliputi pola pengasuhan, perubahan pemakaian seragam dan atribut sekolah, perubahan kurikulum dan kegiatan akademik hingga pengembangan karakater dan soft skill.

“Dengan pembaharuan ini diharapkan mampu menghilangkan tradisi kekerasan serta mencetak insan transportasi yang berkarakter dan berorientasi pada pelayanan masyarakat,” kata Budi Karya.

Plt Kepala BPSDMP Subagiyo mengatakan,  Kementerian Perhubungan terus melakukan evaluasi secara menyeluruh. Kemenhub juga membuka diri atas kritik, saran dan masukkan dari berbagai pihak sebagai upaya perbaikan pola pendidikan pada sekolah di bawah BPSDMP.

Baca Juga: Kemenhub Tuntaskan Dua Puluh Lima Proyek Strategis Nasional Sektor Transportasi

Sebagai upaya resolusi menghilangkan tindak kekerasan di kampus, BPSDMP telah menyusun berbagai rencana aksi diantara membuat buku anti kekerasan di sekolah, mengoptimalkan kotak pengaduan, menghilangkan sebutan senior dan junior dalam bertegur sapa, serta memasang slogan "zero violence" secara masif.

"Kami juga menerapkan larangan tegas kegiatan-kegiatan yang selama ini terindikasi menjadi celah tindakan perundungan," tutur Subagyo.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Prof Wihana Kirana Jaya juga memberikan ilmu,  pengalaman serta motivasi kepada civitas akademika Poltekpel Surabaya melalui sharing session.

Baca Juga: Menuju Pelayanan Transportasi Umum Listrik di Jabodetabek 2029

Budi Karya Sumadi mengakui bahwa selama 10 tahun terakhir pembangunan sektor transportasi di seluruh Indonesia relatif meningkat. Meliputi pembangunan dan revitalisasi terminal tipe A yang lebih luas dan modern, pengembangan bandara serta pelabuhan yang mampu menampung volume yang lebih besar, juga pembaruan sistem transportasi massal seperti bus listrik, MRT, LRT, serta Kereta Api Cepat.

“Kita lihat 10 tahun terakhir ini terjadi serangkaian proses pembangunan transportasi di perkotaan dan seluruh Indonesia. Semua relatif naik. Laut paling tinggi, lalu sektor perkeretaapian, bandara, serta penyeberangan,” tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat