unescoworldheritagesites.com

Siagakan Posko, PLN UID Jatim Siapkan Infrastruktur Untuk Pemudik Berkendaraan Listrik - News

PLN mendirikan posko siaga untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri

: PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur telah menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik untuk melayani kebutuhan para pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman di Jawa Timur.

“Kami pastikan infrastruktur kelistrikan sudah tersedia untuk para pemudik berkendaraan listrik yang hendak melintas Jawa Timur," ujar General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, Kamis (6/4/2023).

Saat ini, kata dia, terdapat 8 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Madiun, Malang, Surabaya, Situbondo, dan Banyuwangi. Rencananya tahun ini juga akan ditambah lagi di beberapa titik.

Baca Juga: Mudik Gratis 2023 Kementerian BUMN dan PLN, 1.000 Pemudik Diberangkatkan Dari Surabaya

Sementara, secara nasional PLN menyiagakan 2.300 posko siaga kelistrikan dan 82.690 personel untuk menjaga pasokan listrik aman dan andal selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Di Jawa Timur, posko siaga keandalan disebar di 183 lokasi

Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, masyarakat Indonesia yang akan merayakan Idul Fitri tidak boleh mengalami listrik mati, dan tidak boleh ada ibadah yang terganggu, tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya.

"Ketika semua merayakan lebaran di rumah, PLN juga berlebaran di lapangan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia bisa aman, tentram dan bisa menjalankan ibadah dan kumpul keluarga yang hangat," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

BUMN ini menyiagakan 20.130 personel PLN dan 61.560 tenaga alih daya yang terdiri dari tim pelayanan teknik dan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). PLN juga menyiapkan sekitar 2.300 posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh tanah air.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat, PLN juga menyiapkan alat pendukung dalam periode Siaga.

Diantaranya berupa 1.478 Genset, 559 uninterruptible power supply (UPS), 925 unit gardu bergerak (UGB), 16 unit Trafo Mobile, 259 Crane, 3.260 Mobil dan 3.395 Motor.

Baca Juga: Lirik Sholawat Ya Habibi Ya Syafii Ya Rasulullah by Maher Zain

Khusus di Jawa Timur, kata Lasiran, PLN memprediksi kelistrikan yang andal dengan daya mampu pasok di Jawa Timur sebesar 9.999 Megawatt (MW), dengan beban puncak mencapai 5.837 MW dan cadangan daya sebesar 2.856 MW.

PLN Jawa Timur menyiagakan 4.233 personel dari 112 Unit Layanan Pelanggan (ULP), Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), dan Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) dengan didukung oleh 224 Unit Gardu Bergerak (UGB).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat