unescoworldheritagesites.com

Jelang Lebaran, Tim Satgas Pangan Bareskrim Polri dan Polda Jatim Sidak Pasar Tambahrejo Surabaya - News

Suasana saat Satgas Pangan dan rombongan melakukan sidak di Pasar Tambahrejo Surabaya (Istimewa)

: Tim Satgas Pangan Bareskrim Polri didampingi Satgas Pangan Polda Jatim, hari ini Senin (17/4/2023) melakukan sidak kebutuhan bahan pokok di Kota Surabaya.

Sidak menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini dilakukan di Pasar Tambahrejo Surabaya. Mereka melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar rakyat dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H.

Ikut dalam sidak tersebut, sejumlah tim Satgas Pangan Bareskrim Polri didampingi Satgas Pangan Polda Jatim dan sejumlah perwakilan dari Dinas Perindustrian & Perdagangan Jatim, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Jatim, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Perkebunan Jatim, Bulog Jatim, KPPU Jatim, dan Kepala Pasar Tambahrejo Surabaya.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

Menurut perwakilan dari Satgas Pangan Jatim yang diwakili Kombes Pol Eko Sulistyo Basuki, sidak dilakukan untuk memastikan bahwa sejumlah komoditas bahan pokok seperti beras, minyak, gula, telur, cabai, bawang merah, bawang putih dan sebagainya dalam kondisi aman dan stabil menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Alhamdulilah stok dalam kondisi aman dan stabil serta pada dasarnya memang secara keseluruhan harganya masih normal,” ujarnya.

Dia mengakui memang sudah ada pergerakan harga pada komoditi daging ayam dan daging sapi. Tapi secara umum, harga tersebut masih dalam batas normal atau terkendali.

plnBaca Juga: Sambut Idul Fitri 1444 H, PLN Salurkan Ribuan Paket Sembako ke Pesantren Jawa Timur

Secara umum, kata dia, kondisi bahan pokok di pasar-pasar yang ada di Kota Surabaya dan Jawa Timur, masih dalam kondisi aman. "Kita akan terus memantau sampai dengan pelaksanaan HBKN idul Fitri 1444 H,” ujar Eko Sulistyo Basuki.

Dalam kesempatan itu, pihaknya bersama tim Satgas Pangan Jatim yang berada di pusat maupun daerah akan terus mengantisipasi adanya spekulan-spekulan. Sehingga lonjakan harga yang terjadi masih dalam kendali.

Menurutnya, tren pergerakan harga menjelang perayaan lebaran kali ini cenderung berangsur turun. Dia kemudian menyebut harga cabe rawit yang saat ini dijual dengan harga Rp25.000/kilogramnya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Lagu Komang yang Trending di TikTok, Raim Laode dengan Makna dan Fakta di Baliknya

Konsumen yang datang ke pasar tidak ada yang mengeluh tentang harga dan saat ini harga-harga masih dalam kondisi normal dan dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sedangkan untuk komoditas beras, Bulog juga melakukan pendistribusian ke seluruh wilayah. Sehingga diharapkan masyarakat bisa memperoleh bapok dengan harga yang terjangkau saat perayaan lebaran tahun ini. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat