unescoworldheritagesites.com

Kadin Indonesia Apresiasi Program SGS dari Kadin Solo Dalam Penerapan Digitalisasi UMKM - News

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid saat berbincang dengan pedagang di Pasar Gede Solo (Endang Kusumastuti)

 

: Kamar dagang dan Industri (KadinIndonesia  mengapresiasi program Solo Great Sale (SGS) yang diinisiasi Kadin Solo. Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid dalam kunjungan di Pasar Gede, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/5/2023), SGS mendorong penerapan digitalisasi.

"Hari ini kami ingin melihat, kan Kadin ada Kadin Impact Award. Kita pengin tahu apa yang sudah dilakukan teman-teman UMKM dan teman-teman Kadin Solo," jelas Arsjad.

Arsjad menyebut program SGS saat ini sudah diperbarui dengan digitalisasi. Dengan  bertransformasi menjadi sebuah platform SGS GO. Transaksi jual beli tidak lagi dilakukan secara tunai tapi bisa menggunakan QRIS.

Baca Juga: Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, , 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah A {3

"Sekarang ini sudah digitalisasi jadi tidak perlu pusing pakai tunai, bisa pakai QRIS gitu. Salah satunya yang saya senang dengan SGS, bagaimana kemitraan antara Kadin  pemerimtah dan UMKM terjadi. Ternyata terjadi," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Arsjad mengatakan transaksi dengan QRIS bisa digunakan untuk wisatawan.  Apalagi saat ini  Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah ASEAN-BAC (Business Advisory Council) dalam KTT ASEAN 2023. 

Penggunaan QRIS juga bisa menggaet konsumen wisatawan mancanegara di ASEAN. Presiden Joko Widodo juga  mendukung penggunaan QRIS di negara- negara ASEAN.

Baca Juga: Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) adalah .... A. 8 B. 9 C. 10 D. 11

"Sebagian besar teman-teman yang beralih ke digitalisasi berhasil bertahan, namun sampai saat ini, baru 20,9 juta UMKM yang telah bergabung dalam ekosistem digital," katanya. 

Arsjad menyebut SGS GO menjadi sebuah tool yang dapat meningkatkan tingkat literasi digital bagi para pelaku UMKM sehingga dapat memanfaatkan peluang digitalisasi.

Disinggung potensi UMKM di Kota Solo, dirinya menyebut luar biasa. Bahkan ada UMKM industri kreatif yang sudah masuk ke kategori sustainable development. Ini memungkinkan terjadinya sirkular economy, atau ekonomi yang berputar. 

Baca Juga: Setelah Transformator Selesai Dirangkai Ternyata Efisiensi Transformator 80 %. Apabila Daya Yang Masuk Pada Tr

"Ada juga UMKM yang fokus go ekspor. Salah satunya UMKM kopi, kalau ingin ekspor kopi saya katakan di Timur Tengah pasar terbuka," katanya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat