unescoworldheritagesites.com

Per 1 Juni, Semua Commuter Line Solo Yogyakarta Berhenti di Stasiun Palur - News

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba (Endang Kusumastuti)

: Mulai tanggal 1 Juni 2023, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Solo-Yogyakarta, semuanya akan berhenti di Stasiun Palur, Karanganyar. Menyusul adanya Pemberlakuakn Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

"Di Gapeka 2023 semua commuter line akan berhenti dan berangkat dari Stasiun Palur yang sebelumnya masih ada yang berhenti di Stasiun Solo Balapan ," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Stasiun Solo Balapan, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2023).

Untuk jumlah perjalanan KRL Solo Yogyakarta masih tetap yakni 20 perjalanan saat weekday atau hari biasa dan 24 perjalanan saat weekend atau akhir pekan dan hari libur.  Begitu juga dengan KA Lokal Prameks yang akan berganti menjadi Commuter Line Prambanan Ekpress atau Commuter Line Prameks,  jumlah perjalanannya tetap sama yakni 8 kali per hari.

Baca Juga: 10 Kloter Sudah Masuk Embarkasi Solo, 1 Calon Haji Ditunda Keberangkatan Karena Dimensia

"Adanya penyesuaian jadwal sesuai dengan Gapeka 2023 tersebut, untuk jarak tempuh Commuter Line Solo Yogyakarta lebih singkat dari 1 jam 25 menit menjadi 1 jam 23 menit, 3 menit lebih cepat,"jelasnya lagi.

Sedangkan untuk Commuter Line Prameks yang saat ini di tempuh dengan 1 jam 17 menit menjadi 1 jam 11 menit, memangkas waktu 6 menit lebih cepat.

"Untuk waktu susul yang biasanya dialami oleh tujuh jadwal Commuter Line di wilayah Jogja Solo ini saat ini masih ada dua. Tinggal dua yang disusul oleh kereta jarak jauh," katanya.

Baca Juga: Profil Dan Biodata Marcell Siahaan Artis Caleg 2024 Dari Partai PDIP Yuk Telusuri Siapa Itu Marcell Siahaan

Hal ini bisa meminimalkan waktu tempuh yakni  sampai 5 menit di tujuan, sehingga ini akan efek domino terhadap kecepatan kereta-kereta yang sejalan dengan kereta commuter line.

Sesuai dengan Gapeka 2023, commuter line akan berhenti di 13 stasiun, sebelumnya hanya 11 stasiun yakni ditambah Stasiun Palur dan Stasiun Jebres. 

"Tarif Commuter Line Solo Jogja masih tetap yakni Rp8.000," katanya lagi.

Baca Juga: Daftar Artis Caleg 2024 Dari Partai PDIP Once Mekel, Lita Zein, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Dan 5 Lainnya

KAI Commuter mencatat untuk volume pengguna Commuter Line Yogya-Solo sampai dengan Mei telah melayani pengguna sebanyak 2.136.265 orang. Sedangkan Commuter Line Prameks di bulan yang sama telah mengangkut pengguna 331.186 orang. 

KAI Commuter menargetkan pada tahun ini mampu mengangkut 5.743.361 orang pengguna untuk Commuter Line Yogya-Solo dan 775.079 orang pengguna untuk Commuter Line Prameks.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat