unescoworldheritagesites.com

Ahmad Syaikhu: Berjualan Online Sumbang hampir 1/5 Omset dari Retail 7 Negara Industri - News

Salah satu pembicara Akhmad Syaikhu dalam seminar online yakni Literasi Digital dengan mengusung tema: “Digitalpreneur” (Istimewa )

: Kementerian Kominfo bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyelenggarakan seminar online yakni Literasi Digital dengan mengusung tema: “Digitalpreneur”.

Narasumber yang dihadirkan H Ahmad Syaikhu (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan, B Sc (Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI), Deni Ardini selaku Co-Founder AsyikPreneur serta Rawi Wahyudiono (Mentor Bisnis Komunitas TDA).

Seminar diselenggarakan pada hari Jumat, (26/52023) mellaui platform zoom meeting, bertujuan, mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis.

Kemudian, 'memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh  pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Sesi pemaparan pertama H Ahmad Syaikhu menyampaikan, sangat dipahami era digital akan mengubah drastis tatanan kehidupan diberbagai sektor, mulai dari pesan makanan, belanja hingga berobat, tidak terkecuali ekonomi dan perdagangan. Sebuah penelitian dari UNTAD, hasilnya ternyata berjualan online menyumbang hampir 1/5 omset dari retail 7 negara industri.

Pada 2020, Bank Indonesia juga mencatat bahwa transaksi online di e-commerce terjadi peningkatan 2x lipat. Maka dari data dan fakta ini, ada potensi ekonomi yang bermanfaat yang memiliki dampak begitu besar dari dunia digital, karena trend konsumen melakukan transaksi online akan terus meningkat pada masa yang akan datang.

Pemaparan kedua disampaikan Semuel Abrijani. Ia menyampaikan bahwa Kominfo memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai literasi digital untuk memfasilitasi masyarakat supaya cakap digital pada era saat ini.

Peningkatan literasi digital saat ini butuh bantuan semua pihak masyarakat tidak hanya kominfo saja sebagai fasilitas, tetapi keinginan masyarakat untuk terus belajar. Hal ini dalam upaya untuk memajukan digital Indonesia.S

S;                                                  elain itu liteasi digital juga berfungsi untuk mengarahkan masyarakat supaya bisa memanfaatkan dunia digital dengan sebaik-baiknya.

Pemaparan ketiga disampaikan oleh Deni Ardini dimana sebanyak 70 juta orang Indonesia saat ini dilaporkan menganggur yang artinya sekitar 70 juta orang Indonesia sedang berebut lowongan kerja.

Sumber daya manusia di Indonesia ini tidak boleh diragukan lagi, generasi yang ada saat ini merupakan generasi yang memiliki segudang skill yang mumpuni, lalu mengapa masih banyak yang menganggur?

Menurut Deni di antaranya tidak semua orang cocok untuk bekerja dibawah perintah orang lain, bekerja tidak selamanya berarti menjadi karyawan dan menyalurkan skill tidak selamanya dengan menjadi karyawan.

Deni Ardini mengajak kepada generasi muda untuk mandiri dan menjadi pengusaha. Modal yang harus dimiliki pengusaha harus memiliki mindset entrepreneur, skill dan memiliki mental yang kuat. Langkah awal menjadi Digitalpreneur tentunya harus mau belajar online dan harus konsisten.

Sukses berjualan online syaratnya harus unik, supaya tidak bersaing di pasar yang ramai dan padat. Dia juga menyampaikan dalam berjualan online harus memiliki strategi yang efektif yaitu dengan mengukur kemampuan uang, waktu dan otak sehingga berjualan online dapat lebih optimal dan profit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat