unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Berusaha Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas dengan Mengajak Masyarakat Beralih ke Transportasi Aktif - News

Pekan Nasional Keselamatan Jalan

 

: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melaksanakan kick off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ)  yang akan berlangsung di Silang Monas, Jakarta. 

Sejumlah pihak yang tergabung dalam lima pilar keselamatan jalan dan pihak-pihak terkait lainnya, akan hadir di acara itu, Sabtu (8/7/2023).

Dalam kegiatan kick off tersebut, terdapat sejumlah kegiatan di antaranya  bersepeda bersama bertema “Cycling Anywhere to Safe the Earth”, eksibisi, dan sejumlah kegiatan edukasi terkait keselamatan.

Baca Juga: Nakhoda yang Handal dan Kuat Dambaan Effendi Simbolon Sebagai Pemimpin Indonesia

Selain itu, momen kick off PNKJ juga dimanfaatkan untuk melepas salah satu pegiat lingkungan Royke Lumowa (mantan Kakorlantas Polri) yang akan melakukan tour keliling dunia ke 47 negara dengan menggunakan salah satu transportasi aktif yaitu sepeda.

Selanjutnya setelah dilakukan kick off PNKJ akan dilaksanakan juga di sejumlah daerah kegiatan edukasi dan sosialisasi keselamatan jalan kepada anak-anak dan pelajar sebagai target utama.

Sejumlah kegiatan tersebut di antaranya  Jambore Teman Sejati, perlombaan karya tulis terkait keselamatan jalan, dan kegiatan lainnya.

Baca Juga: Menhub Pastikan Aspek Keselamatan Terpenuhi Sebelum Beroperasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Semua ini dilakukan Kemenhub untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan transportasi aktif, yaitu mengutamakan penggunaan angkutan massal, sepeda, maupun berjalan kaki, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

Kegiatan itu juga untuk menekan angka kecelakaan dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh menjelaskan, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) memiliki program PNKJ yang pada tahun ini mengusung tema "We Demand Safe and Sustainable Mobility".

Baca Juga: Kejari Jakarta Utara dan Kejari Jakarta Pusat Selamatkan Aset Negara

Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan penggunaan transportasi aktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat