unescoworldheritagesites.com

PLN Nusantara Power Siap Pasok Puluhan Ribu Ton FABA untuk Pembangunan Infrastruktur IKN - News

PLN Nusantara Power siap memasok FABA atau abu batubara untuk menunjang proyek IKN

: PLN Nusantara Power melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan terkait pemanfaatan abu batubara (FABA) untuk pembangungan infrastruktur seperti jembatan dan beberapa tol menuju Ibu Kota Negara (IKN).

PLN Nusantara Power sendiri berkomitmen untuk menyediakan 60.000 ton FABA yang siap dipasok untuk menunjang IKN. FABA sendiri paling memungkinkan secara keekonomian untuk bahan konstruksi.

Menurut Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, implementasi di lapangan penggunaan FABA untuk mendukung pembangungan IKN akan memberdayakan masyarakat sekitar.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Beri Perlindungan untuk Para Siswa dan Pelatih SSB Deltras Academy

Pihaknya akan menggandeng usaha kecil menengah (UMKM) pada transportasi dari PLTU menuju lokasi IKN.

"Sebagai upaya dalam percepatan mewujudkan Ibu Kota Negara, PLN Nusantara Power melalui unit pembangkit terdekat ke IKN (Kaltim Teluk) siap berkontribusi dalam menyediakan FABA yang nantinya akan digunakan sebagai pekerjaan konstruksi dan infrastruktur," ujarnya, Jum'at (11/8/2023).

Dia kemudian menyebut FABA untuk mendukung pembangunan proyek tol sejauh 6,7 km yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan total kebutuhan 30.000 ton FABA.

Baca Juga: Bukti Nyata Ganjar Dorong Transisi Energi, Beri Kapal Listrik Bagi Nelayan

Sedangkan untuk pembangunan pelindung tumbukan kapal (fender) jembatan Bentang Panjang Pulau Balang dibutuhkan 5.000 ton FABA.

Selain itu, 15.000 ton FABA akan terserap dalam proyek duplikasi jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, serta 10.000 ton untuk kebutuhan proyek jalan tol IKN segmen Karangjoang - KKT Karingau.

UP Kaltim Teluk berlokasi di Kota Balikpapan. Berkapasitas 2x 110 MW, UP Kaltim Teluk menghasilkan Fly Ash harian sebesar 200 ton/hari dan bottom ash harian sebesar 50 ton/hari dan memiliki target presentase penggunaan FABA untuk IKN mencapai 70% dari total FABA yang dihasilkan.

Baca Juga: Relawan Projo Pecah, Budi Arie Sebut Tali Rafia Tali Sepatu, Kita Semua Harus Bersatu

FABA yang dihasilkan UP Kaltim Teluk sendiri telah dimanfaatkan sebagai bahan untuk penetralisir lahan asam pada area pertanian. Sebanyak 1179 ton FABA telah dijadikan bahan penetralisir untuk lahan seluas 393 hektar yang bekerja sama dengan Kodam VI Mulawarman.

FABA UP Kaltim Teluk juga digunakan untuk media tanam pada tempat pembibitan (nursery) untuk penghijauan area tol Balikpapan-IKN.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat