unescoworldheritagesites.com

PLN Kucurkan Rp5,09 M Untuk Listriki Huntara Warga Korban Erupsi Semeru - News

Petugas PLN saat memasang jaringan listrik di kawasan huntara

: PLN melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan di hunian sementara (huntara) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Proyek itu dilakukan pasca erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2022 lalu.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran, anggaran senilai Rp4,8 miliar telah digelontorkan untuk pembangunan jaringan listrik. Itu belum termasuk Rp276,87 juta untuk sambungan listrik ke 250 rumah pelanggan.

Progres pembangunan jaringan kelistrikan itu untuk menyuplai 2.000 pelanggan di lokasi Huntara korban pasca erupsi gunung Semeru. "Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang terkait pembangunan jaringan kelistrikan ini," ujarnya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Dukung Energi Bersih, PLN Gandeng 8 Pabrik Rekanan H&M Manfaatkan Layanan REC

Pihaknya berharap, ketika hunian sementara di lokasi yang baru telah selesai digarap. Sambungan listrik juga bisa segera dialirkan.

Saat ini, kata dia, telah selesai pengerjaan pembangunan jaringan tahap 1 yaitu sepanjang 2,048 kMs dan telah tersambung ke 250 huntara.

Pembangunan total jaringan listrik ini disuplai oleh penyulang Pronojiwo yang membutuhkan penambahan 79 tiang Tegangan Menengah (TM), 133 tiang Tegangan Rendah (TR), 3.158 kMs jaringan SUTM, 6,447 kMs jaringan SUTR, 7 unit gardu distribusi untuk menyuplai sebanyak 2.000 huntara.

Baca Juga: PLN Resmi Operasikan BMPP Nusantara 1, Pembangkit Terapung Pertama Buatan Indonesia

Selain itu, PLN juga menawarkan penggunaan material Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) sebagai material pendukung pembangunan infrastruktur Huntara untuk relokasi pengungsi korban erupsi gunung Semeru.

Material ini bisa diolah menjadi campuran pendukung produk bata ringan, batako, paving, beton jalan, beton konstruksi, spesi/luluhan untuk lantai rabatan dan pondasi huntara oleh pihak Pemerintah Kabupaten Lumajang jika dirasa dibutuhkan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat