unescoworldheritagesites.com

Uang Kertas Baru Diluncurkan, BI Solo Layani Penukaran Lewat Mobil Kas Keliling - News

Kepala BI Solo Nugroho Joko Prastowo memperlihatkan perbedaan uang emisi 2022 dengan emisi lama (Endang Kusumastuti)

 
: Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan tujuh uang kertas baru emisi 2022. Uang kertas baru tersebut merupakan penyempurnaan dari uang kertas yang sudah beredar saat ini.
 
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo memberikan kesempatan kepada warga Solo Raya untuk mendapatkan uang kertas baru emisi 2022, melalui mobil kas keliling.
 
"Masyarakat bisa menukarkan di layanan mobil kas keliling BI. Mulai besok hingga tanggal 26 Agustus dengan menggunakan aplikasi BI Pintar," jelas Kepala KPwBI Solo, Nugroho Joko Prastowo kepada wartawan di Kantor BI Solo, Kamis (18/8/2022).
 
Bagi masyarakat Kota Solo akan dilayani besok, Jumat (19/8/2022) di Balai Kota Solo. Sedangkan untuk warga Kabupaten Sukoharjo akan dilayani tanggal 22 Agustus, Kabupaten Klaten dan Karanganyar dilayani pada tanggal 23 Agustus.
 
Selanjutnya tanggal 24 Agustus di Kabupaten Wonogiri, tanggal 25 Agustus di Sragen dan terakhir tanggal 26 Agustus, mobil kas keliling akan melayani penukaran uang kertas baru di Kabupaten Boyolali. Mobil kas keliling akan melayani masyarakat di kantor kabupaten.
 
"Tetapi ini sifatnya baru pengenalan, jadi setiap warga maksimal hanya bisa menukar maksimal lima paket," jelasnya lagi.
 
Setiap paket berisi uang pecahan Rp100.000 sebanyak satu lembar, pecahan Rp50.000 sebanyak satu lembar, pecahan Rp20.000 sebanyak satu lembar, pecahan Rp10.000 sebanyak satu lembar, pecahan Rp5.000 sebanyak dua lembar, pecahan Rp2.000 sebanyak empat lembar dan pecahan Rp1.000 sebanyak dua lembar.
 
"Satu paket jumlahnya sebesar Rp200.000. Tetapi selanjutnya masyarakat bisa mendapatkan di bank-bank umum," katanya.
 
Lebih lanjut, Nugroho mengatakan meskipun ada uang kertas baru emisi 2022 tetapi untuk uang emisi lama tetap berlaku dan tidak ada pencabutan. 
 
Uang kertas baru emisi 2022 tersebut merupakan penyempurnaan dari uang emisi lama. Tidak ada perubahan gambar pahlawan, pemandangan dan unsur budayanya.
 
"Tapi emisi 2022 ada penyempurnaan. Seperti ukuran uang tidak sama semuanya, warnanya juga lebih tajam. Benang pengaman semuanya ada di tengah, dan sejumlah penyempurnaan lainnya," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat