unescoworldheritagesites.com

Anggota Komisi IX DPR Serahkan Santunan Kematian BPJS Ketenagakerjaan pada Ahli Waris Mitra Gojek - News

Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina bersama jajaran BPJS Ketenagakerjaan saat menyerahkan santunan

: Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina bersama jajaran BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menyerahkan santunan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) kepada seorang ahli waris Mitra Gojek. Santunan sebesar Rp42 juta itu diserahkan di rumah ahli waris Monalisa Florencia Irena di kawasan Wiyung Surabaya.

“Selaku anggota Komisi IX DPR RI yang merupakan mitra BPJS Ketenagakerjaan, saya betul–betul mengapresiasi langkah cepat, langkah tepat dan komitmen keberadaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai payung perlindungan dari resiko untuk masyarakat dan pekerja," ujarnya, Kamis (20/10/2022).

Saat mengunjungi rumah ahli waris tersebut bersama Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Anang Rafidi, dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo Guguk Heru Triyoko, Arzeti juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya almarhumah Monalisa.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Juanda Incar Perlindungan bagi Peserta Pelatihan di Ratusan BLK Komunitas Jawa Timur

Arzeti menyebut Monalisa sebagai figur perempuan yang patut dicontoh karena sangat fokus dan konsen untuk keluarga. Mitra Gojek ini memutuskan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena sangat memikirkan masa depan keluarganya.

Monalisa merupakan pekerja bukan penerima upah (BPU) yang tidak menerima gaji seperti PNS. Keputusannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan semasa hidup, terbukti sangat membantu ahli waris suami dan kedua anaknya untuk menyongsong masa depan.

Di tempat terpisah, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Deny Yusyulian juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Monalisa yang merupakan Mitra Gojek Anggota Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online (Gaspol). Almarhumah belum lama menjadi peserta BPJAMSOSTEK atau baru Agustus 2022 kemarin.

Baca Juga: Lirik dan chord Gitar Lagu Rela Kau Tinggalkan Aku 'Bagaikan Tertusuk Duri' - Arief Putra

"Kami memahami bahwa kehilangan keluarga tercinta tak dapat tergantikan oleh apapun. Tapi santunan yang kami berikan ini diharapkan bisa membantu keluarga yang ditinggalkan untuk menata hidup ke depan lebih baik lagi dari segi ekonomi," ujarnya.

Pemberian santunan ini, kata dia, merupakan bukti nyata kehadiran negara untuk memberikan kepastian perlindungan atas risiko sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat indonesia. Dia berharap seluruh mitra driver online untuk mengikuti jejak Monalisa dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Apapun pekerjaannya, kata dia, semua bisa mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Dan dengan iuran hanya Rp36.800 perbulan, keluarga pekerja akan mendapatkan manfaat Jaminan Hari tua, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. “Kerja Keras Bebas Cemas," ujarnya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Kasmaran 'Aku Tahu Rasanya' - Pinkan Mambo

Selain kalangan Mitra Gojek, pihaknya juga mengingatkan tentang resiko kecelakaan kerja dan kematian yang juga bisa menimpa pekerja jasa konstruksi, Non Aparatur Sipil Negara hingga Pekerja Migran Indonesia (PMI). "Mereka juga harus memproteksi diri, dengan jaminan sosial ketenagakerjaan, untuk perlindungan diri dari risiko sosial dan ekonomi saat bekerja,” ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat