unescoworldheritagesites.com

Kembangkan UMKM, Kota Solo Gandeng JNE Sediakan Tempat Showcase Produk - News

JNE meningkatkan layanan dengan membuka Solo Fulfillment Center (Endang Kusumastuti)

 

: Pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Solo terus dilakukan. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengajak swasta untuk meningkatkan kualitas UMKM naik kelas, salah satunya dengan perusahaan jasa ekspedisi nasional, JNE.

"Bagus, kita kan kerjasama dengan pihak swasta untuk meningkatkan UMKM kita. Tadi saya sudah ngobrol dengan Pak Presdir (Presiden Direktur JNE,M Feriadi Soeprapto) untuk menyediakan tempat showcase bagi teman-teman UMKM," jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, usai menghadiri acara JNE & UMKM Bersinergi Menuju Kemandirian Anak Negeri, di Hotel Harris Kota Solo, Kamis (10/11/2022).

Showcase untuk produk UMKM tersebut akan diarahkan di sentra Industri Kecil Menengah (IKM) mebel. Menurut putra pertama Presiden Joko Widodo itu, pihaknya sudah menginstruksikan kepada kepada dinas agar IKM mebel juga menyediakan handycraft.

Baca Juga: Promosikan Potensi Destinasi Wisata Lombok

"Kalau mebel kan harus ada handycraft-nya, pernak-pernik interior. Yang bagus itu seperti di Inacraft, Solo banyak yang ikut dan laris produknya," jelasnya lagi.

Pihaknya yakin JNE mampu memberikan kontribusi untuk memajukan UMKM di Kota Solo dan salah satunya dengan menyediakan showcase bagi produk UMKM.

Menanggapi hal itu, Presdir JNE M Feriadi Soeprapto menyambut baik  ide untuk membuat showcase produk UMKM. PIhaknya telah meminta kepada manajemen JNE untuk mengembangkan shoscase produk UMKM di beberapa daerah dan salah satunya di Kota Solo.

Baca Juga: Lirik Lagu Baik Baik Saja Ndarboy Genk

"Karena teman-teman UMKM membutuhkan sarana dan prasarana untuk bisa mendisplay produknya seperti di mall atau di pertokoan,"katanya.

Lebih lanjut Feriadi mengatakan saat ini JNE melakukan pengembangan layanan di Kota Solo, salah satunya dengan membangun Solo Fulfillment Center atau seperti gudang penyimpanan. Melalui layanan ini, pelaku UMKM bisa menyimpan produknya di Fulfillment Center, sehingga mereka hanya fokus pada berjualan saja.

"Kita bantu menyimpan produknya dan mengelola inventarorynya. Jadi saat dia ada order ada pembelian masuk ke sistem kita , maka kita akan mengirimkan," paparnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Mendung Tanpo Udan Ndarboy Genk

Fulfillment Center JNE tersebut nantinya akan dibangun di 60 cabang JNE di Indonesia. Sementara itu, pada kesempatanh itu, JNE juga membagikan 1.000 paket peralatan sekolah dan ibadah kepada  anak-anak yatim piatu, dhuafa maupun terdampak Covid-19 binaan Baznas Kota Solo. Serta santunan sebesar Rp100.000.000 untuk anak yatim dan dhuafa dan Rp120.000.000 untuk Baznas Kota Solo. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat