unescoworldheritagesites.com

Airlangga: Percepatan IEU CEPA, Kunci Sukses Kerja Sama Perdagangan dan Investasi Indonesia-Uni Eropa - News

Airlangga: Percepatan IEU CEPA, Kunci Sukses Kerja Sama Perdagangan dan Investasi Indonesia-Uni Eropa.  (Tangkapan layar)

: Percepatan penyelesaian proses perundingan Indonesia - European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA) membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari kalangan asosiasi dan dunia usaha.

Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan Vice President Federation of European Sporting Goods Industry (FESI) Manuel Pauser di Brussels, Rabu (14/12/2022).

“IEU CEPA adalah kunci dalam mendorong kerja sama perdagangan, investasi dan kerja sama ekonomi lainnya antara Indonesia dengan Uni Eropa," ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Tetap Pilih Nomor 4, Golkar Ajak Parpol Peserta Pemilu Tolak Politik Identitas, Bangun Politik yang Menyatukan

"Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan FESI untuk dapat tercapainya penyelesaian perundingan," ujarnya di sela-sela mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rangkaian acara Peringatan ke-45 ASEAN-Uni Eropa 2022 di Belgia tersebut.

Menanggapi permintaan FESI agar perundingan dan kesepakatan antara Indonesia dengan para pelaku usaha Eropa cepat dituntaskan, Menko Airlangga menyatakan, Indonesia akan mengupayakan agar bisa diselesaikan sebelum 2024.

Airlangga mengakui bahwa proses perundingan memang berjalan lebih lama dibandingkan dengan rencana semula. Harapannya perundingan akan selesai dalam 4 (empat) putaran lagi, atau sebelum tahun 2024.

Baca Juga: Daftar Resmi Nomor Urut 17 Parpol Peserta Pemilu 2024

"Indonesia mengharapkan dukungan dari para pelaku usaha di Uni Eropa agar proses perundingan bisa diselesaikan dengan cepat,” kata Airlangga.

Puji Indonesia Tangani Covid-19

Sementara itu, selain meminta percepatan perundingan, Vice President FESI Manuel Pauser juga memberikan apresiasi atas upaya pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19.

“Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya sangat baik untuk menjaga roda perekonomian agar tetap terus berjalan, meskipun terkena imbas pandemi Covid-19.

Baca Juga: Danrem 174/ATW Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD ke-77

Pabrik-pabrik yang dimiliki oleh pelaku usaha di sektor sporting goods masih bisa terus beroperasi dan menjaga suplai tetap berjalan,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat